10 Manfaat Bawang Merah Lebih dari Sekadar Bumbu Dapur, Bantu Obati Masuk Angin & Maag

10 Manfaat Bawang Merah Lebih dari Sekadar Bumbu Dapur, Bantu Obati Masuk Angin & Maag
Bawang Merah. Foto: pinterest/RAKCER.ID
0 Komentar

Bawang merah memiliki potensi untuk membantu mengatur kadar gula darah, yang sangat penting bagi penderita diabetes. Studi menunjukkan bahwa senyawa sulfur dalam bawang merah dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu menurunkan kadar gula darah.

Penelitian yang diterbitkan dalam Environmental Health Insights menunjukkan bahwa konsumsi bawang merah dapat membantu mengendalikan kadar gula darah pada orang dengan diabetes tipe 2.

5. Membantu Pencernaan

Serat dalam bawang merah membantu memperlancar pencernaan dan mencegah sembelit. Selain itu, bawang merah mengandung prebiotik, jenis serat yang memberi makan bakteri baik di usus.

Baca Juga:10 Manfaat Daun Salam, Bagus untuk Jaga Kesehatan Jantung10 Manfaat Daun Dewa, Salah-Satunya Ampuh Turunkan Gula Darah

Bakteri ini penting untuk menjaga keseimbangan mikrobiota usus, yang berkontribusi pada kesehatan pencernaan yang optimal.

6. Meningkatkan Kesehatan Kulit dan Rambut

Kandungan vitamin dan mineral dalam bawang merah, seperti vitamin C, vitamin B6, dan biotin, penting untuk kesehatan kulit dan rambut.

Vitamin C membantu dalam produksi kolagen, protein yang menjaga kulit tetap kencang dan elastis. Sementara itu, biotin dikenal membantu menguatkan rambut dan mencegah kerontokan.

7. Sumber Nutrisi yang Baik

Bawang merah rendah kalori tetapi kaya akan nutrisi penting. Mereka mengandung vitamin B6, folat, kalium, dan mangan, yang semuanya berperan penting dalam berbagai fungsi tubuh.

Vitamin B6, misalnya, penting untuk fungsi otak dan pembentukan sel darah merah, sedangkan folat penting untuk kesehatan sel dan pertumbuhan jaringan.

8. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi bawang merah dapat berkontribusi pada kesehatan tulang.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Menopause menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi bawang merah secara teratur memiliki kepadatan tulang yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang jarang mengonsumsi bawang merah.

Baca Juga:Selain Mengatasi Bau Mulut, Ada 10 Manfaat Lain dari Daun Sirih, Apa Saja?Mengatur Gula Darah dengan Kumis Kucing, Boleh Dicoba 10 Manfaat Lainnya

Hal ini mungkin disebabkan oleh senyawa sulfur dan antioksidan dalam bawang merah yang membantu mengurangi risiko osteoporosis.

9. Mengurangi Risiko Kanker

Selain membantu mencegah penyakit jantung, bawang merah juga dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker. Studi menunjukkan bahwa konsumsi bawang merah dapat mengurangi risiko kanker perut, usus besar, dan prostat.

Senyawa sulfur dan antioksidan dalam bawang merah diyakini berperan dalam menghambat pertumbuhan sel kanker dan mencegah penyebarannya.

0 Komentar