Atasi Jerawat, Psoriasis, dan Eksim dengan Kunyit, Cek 10 Manfaat Kunyit Lainnya

Atasi Jerawat, Psoriasis, dan Eksim dengan Kunyit, Cek 10 Manfaat Kunyit Lainnya
Kunyit. Foto: pinterest/RAKCER.ID
0 Komentar

5. Membantu Mengatasi Depresi

Kurkumin juga memiliki potensi sebagai antidepresan alami. Dalam sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Affective Disorders, kurkumin ditemukan memiliki efek yang sebanding dengan obat antidepresan dalam mengurangi gejala depresi.

Efek ini mungkin terkait dengan kemampuannya untuk meningkatkan kadar serotonin dan dopamin di otak, dua neurotransmitter yang terkait dengan suasana hati.

6. Membantu Mengontrol Diabetes

Kunyit dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan meningkatkan efektivitas insulin. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Endocrinology, kurkumin dapat meningkatkan metabolisme glukosa dan mengurangi komplikasi diabetes. Ini menjadikan kunyit sebagai tambahan yang bermanfaat dalam diet bagi penderita diabetes.

7. Mendukung Kesehatan Kulit

Baca Juga:10 Manfaat Kencur Salah-Satunya Ampuh Redakan Batuk & PilekRedakan Gejala PMS dengan Kayu Manis, Boleh Dicoba 10 Manfaat Lainnya

Kunyit juga dikenal manfaatnya untuk kesehatan kulit. Sifat anti-inflamasi dan antioksidan dari kunyit dapat membantu mengatasi kondisi kulit seperti jerawat, psoriasis, dan eksim.

Menurut Journal of Dermatological Science, aplikasi topikal kunyit dapat mengurangi peradangan kulit dan meningkatkan penyembuhan luka.

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kunyit dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kandungan kurkumin dalam kunyit memiliki sifat imunomodulator yang dapat meningkatkan respons imun tubuh terhadap infeksi.

Studi yang dipublikasikan dalam Clinical Immunology menunjukkan bahwa kurkumin dapat meningkatkan aktivitas sel-sel imun seperti T-sel dan makrofag.

9. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi mereka yang berusaha menurunkan berat badan, kunyit bisa menjadi sekutu yang tak terduga. Kurkumin dapat membantu mengurangi lemak tubuh dengan meningkatkan metabolisme dan mengurangi pembentukan jaringan lemak.

Penelitian yang diterbitkan dalam Biofactors menunjukkan bahwa kurkumin dapat mengurangi indeks massa tubuh (BMI) dan lingkar pinggang pada individu yang mengalami kelebihan berat badan.

10. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kunyit telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi masalah pencernaan. Sifat anti-inflamasi dan antioksidan dari kunyit dapat membantu mengurangi gejala gangguan pencernaan seperti sindrom iritasi usus besar (IBS) dan dispepsia.

Baca Juga:10 Manfaat Brotowali bagi Kesehatan, Salah Satunya Redakan Gangguan PencernaanDaun Kemangi bukan Sekedar Menambah Rasa pada Masakan Tapi Kaya akan Khasiat Kesehatan, Simak 10 Manfaatnya

Menurut World Journal of Gastroenterology, kunyit dapat membantu menenangkan saluran pencernaan dan memperbaiki fungsi pencernaan.

Namun, selalu penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum memulai suplemen baru, terutama jika memiliki kondisi medis yang mendasari atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

0 Komentar