Redakan Gejala PMS dengan Kayu Manis, Boleh Dicoba 10 Manfaat Lainnya

Redakan Gejala PMS dengan Kayu Manis, Boleh Dicoba 10 Manfaat Lainnya
Kayu Manis. Foto: pinterest/RAKCER.ID
0 Komentar

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Kayu manis juga dikaitkan dengan peningkatan fungsi otak. Beberapa studi menunjukkan bahwa senyawa dalam kayu manis dapat membantu melindungi neuron, meningkatkan fungsi motorik, dan memperbaiki memori.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Alzheimer’s Disease, kayu manis dapat menghambat pembentukan protein tau di otak, yang sering kali terkait dengan penyakit Alzheimer.

6. Melawan Infeksi Bakteri dan Jamur

Senyawa cinnamaldehyde dalam kayu manis memiliki sifat antimikroba yang kuat, yang dapat membantu melawan berbagai infeksi bakteri dan jamur.

Baca Juga:10 Manfaat Brotowali bagi Kesehatan, Salah Satunya Redakan Gangguan PencernaanDaun Kemangi bukan Sekedar Menambah Rasa pada Masakan Tapi Kaya akan Khasiat Kesehatan, Simak 10 Manfaatnya

Menurut studi di jurnal Food Control, minyak esensial kayu manis efektif melawan patogen makanan seperti Salmonella dan E. coli, serta jamur seperti Candida.

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kayu manis dapat membantu dalam program penurunan berat badan dengan meningkatkan metabolisme dan mengurangi nafsu makan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kayu manis dapat memperlambat proses pencernaan dan memberikan perasaan kenyang lebih lama.

Menurut studi di jurnal Scientific Reports, kayu manis juga dapat meningkatkan metabolisme lemak dengan meningkatkan aktivitas enzim yang terlibat dalam metabolisme lemak.

8. Mengurangi Risiko Kanker

Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa kayu manis dapat memiliki efek antikanker dengan menghambat pertumbuhan sel kanker dan pembentukan pembuluh darah baru di tumor.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal BMC Cancer menunjukkan bahwa ekstrak kayu manis dapat menginduksi kematian sel (apoptosis) dalam sel kanker usus besar manusia.

9. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kayu manis juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Sifat antimikroba dan anti-inflamasi kayu manis dapat membantu mengatasi jerawat dan infeksi kulit lainnya.

Menurut penelitian di jurnal International Journal of Dermatology, penggunaan topikal kayu manis dapat mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit yang terkena jerawat .

10. Mengurangi Gejala PMS

Baca Juga:10 Manfaat Peppermint Lebih dari Sekadar Penyegar Mulut, Apa Saja?Selain Kaya Vitamin C, Jeruk Nipis Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Cocok untuk Diet!

Bagi wanita yang mengalami sindrom pramenstruasi (PMS), kayu manis dapat membantu mengurangi gejalanya. Beberapa studi menunjukkan bahwa kayu manis dapat mengurangi nyeri menstruasi, mual, dan muntah.

Sebuah penelitian di Journal of Clinical and Diagnostic Research menemukan bahwa kayu manis dapat menjadi pengobatan yang efektif dan aman untuk mengurangi gejala PMS.

0 Komentar