Selain Mengatasi Bau Mulut, Ada 10 Manfaat Lain dari Daun Sirih, Apa Saja?

Selain Mengatasi Bau Mulut, Ada 10 Manfaat Lain dari Daun Sirih, Apa Saja?
Daun Sirih. Foto: pinterest/RAKCER.ID
0 Komentar

6. Menurunkan Tekanan Darah

Daun sirih juga diketahui memiliki efek penurun tekanan darah. Sebuah studi dalam Journal of Medicinal Plants Studies menyebutkan bahwa ekstrak daun sirih dapat membantu menurunkan tekanan darah pada pasien hipertensi. Ini bisa menjadi alternatif alami yang aman untuk mengontrol tekanan darah tinggi.

7. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Daun sirih telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi masalah pencernaan seperti kembung, sembelit, dan gangguan lambung.

Kandungan eugenol dalam daun sirih memiliki efek karminatif yang membantu meredakan gas dalam perut dan meningkatkan pencernaan.

Baca Juga:Mengatur Gula Darah dengan Kumis Kucing, Boleh Dicoba 10 Manfaat Lainnya10 Manfaat Temulawak bagi Kesehtan, Ampuh Menurunkan Kolesterol

Penelitian dalam Journal of Ethnopharmacology mengonfirmasi manfaat ini dengan menunjukkan bahwa ekstrak daun sirih dapat meredakan gangguan pencernaan dan meningkatkan kesehatan usus.

8. Meningkatkan Fungsi Pernapasan

Menghirup uap dari rebusan daun sirih atau mengoleskan minyak daun sirih di dada dapat membantu meredakan masalah pernapasan seperti batuk, pilek, dan bronkitis. Sifat ekspektoran alami dalam daun sirih membantu melonggarkan lendir dan membersihkan saluran pernapasan.

Sebuah artikel di Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine menyebutkan bahwa daun sirih dapat digunakan sebagai terapi tambahan untuk masalah pernapasan.

9. Menyembuhkan Luka dan Memar

Sifat antiseptik dan anti-inflamasi daun sirih membuatnya efektif dalam menyembuhkan luka dan memar. Mengoleskan pasta daun sirih pada luka dapat mempercepat proses penyembuhan dan mencegah infeksi.

Sebuah studi dalam Journal of Chemical and Pharmaceutical Research menunjukkan bahwa aplikasi topikal ekstrak daun sirih dapat mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan luka.

10. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Aroma khas daun sirih memiliki efek menenangkan yang dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Mengonsumsi teh daun sirih atau menggunakan minyak esensial daun sirih dalam aromaterapi dapat membantu meredakan ketegangan dan meningkatkan suasana hati.

Sebuah penelitian dalam Journal of Ayurveda and Integrative Medicine menunjukkan bahwa daun sirih memiliki efek anxiolytic yang membantu meredakan gejala kecemasan.

 

 

 

 

 

0 Komentar