Museum Bank Rakyat Indonesia: Lokasi, Jam Operasional, Tiket Masuk, Daya Tarik dan Rute Objek Wisata

Museum Bank Rakyat Indonesia: Lokasi, Jam Operasional, Tiket Masuk, Daya Tarik dan Rute Objek
Salah satu museum di Indonesia yang menyimpan koleksi sejarah yang berkaitan dengan industri perbankan dan sejarah Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah Museum Bank Rakyat Indonesia. Pinterest/Rakcer.id
0 Komentar

CIREBON, RAKCER.ID – Berkunjung ke Purwokerto di Jawa Tengah belum lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Museum Bank Rakyat Indonesia. Sangat disayangkan jika wisatawan melewatkan perjalanan informatif ini, terutama bagi mereka yang tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang sejarah keuangan Indonesia.

Salah satu museum di Indonesia yang menyimpan koleksi sejarah yang berkaitan dengan industri perbankan dan sejarah Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah Museum Bank Rakyat Indonesia. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa BRI merupakan salah satu bank terbesar yang dikelola ole pemerintah. 

Asal Usul Museum Bank Rakyat Indonesia

Mari kita lihat sekilas sejarah museum ini sebelum kita berkunjung. Museum Bank Rakyat Indonesia pertama kali dibuka pada 19 Desember 1990, menurut situs resmi Dolan Banyumas yang dikelola oleh Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan, dan Pariwisata Kabupaten Banyumas. Kamardy Arief, Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI), meresmikan museum ini.

Baca Juga:Foodie Wajib Tahu! Rekomendasi 5 Makanan Viral 2024 yang Unik, Instagramable dan Bikin Ketagihan5 Resep Yakiniku yang Simpel dan Hemat Bahan, Cocok untuk Pemula!

Salah satu wisata edukasi yang bisa dipilih masyarakat adalah Museum Bank Rakyat Indonesia. Masyarakat dari luar daerah Purwokerto maupun yang berdomisili disekitarnya.

Pengunjung dapat melihat lebih dekat sejarah BRI, salah satu bank terbesar di Indonesia, dengan mengunjungi Museum Bank Rakyat Indonesia. Salah satunya bercerita tentang sejarah berdirinya BRI pada 16 Desember 1896 oleh Raden Aria Wirjaatmadja.

Lokasi Museum Bank Rakyat Indonesia

Museum BRI berada di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 57, Pesayangan, Kedungwuluh, Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah.

Sedangkan Museum Bank Rakyat Indonesia terbagi menjadi dua lantai, sebagaimana tercantum dalam laman Pameran Bersama Virtual Museum Ranggawarsita. Sesuai deskripsi gedung, lantai satu mengusung tema sejarah Bank Rakyat Indonesia (BRI), sedangkan lantai dua mengusung tema perkembangan teknologi BRI.

Jam Operasional Museum Bank Rakyat Indonesia

Museum Bank Rakyat Indonesia buka setiap hari, kecuali hari Jumat dan Sabtu, berdasarkan informasi di situs resmi Visit Central Java. Masyarakat dari semua daerah bisa mengunjungi museum ini dan terbuka untuk umum selama hari pembukaan yang telah disebutkan sebelumnya.

Sedangkan jam operasional museum ini dapat diketahui pada pukul 09.00 WIB hingga 14.00 WIB dengan membuka Google Maps. Namun perlu diketahui bahwa hal ini dapat berubah sewaktu-waktu.

0 Komentar