Museum Bank Rakyat Indonesia: Lokasi, Jam Operasional, Tiket Masuk, Daya Tarik dan Rute Objek Wisata

Museum Bank Rakyat Indonesia: Lokasi, Jam Operasional, Tiket Masuk, Daya Tarik dan Rute Objek
Salah satu museum di Indonesia yang menyimpan koleksi sejarah yang berkaitan dengan industri perbankan dan sejarah Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah Museum Bank Rakyat Indonesia. Pinterest/Rakcer.id
0 Komentar

Tiket Masuk Museum Bank Rakyat Indonesia

Selain mengetahui jam operasional Museum Bank Rakyat Indonesia, pengunjung juga harus mengetahui biaya tiket masuk terlebih dahulu. Museum Bank Rakyat Indonesia tidak memungut biaya masuk, menurut informasi yang diberikan di halaman resmi Visit Central Java.

Daya Tarik Utama Museum Bank Rakyat Indonesia

Lalu apa yang membuat Museum Bank Rakyat Indonesia menarik? Seperti disebutkan sebelumnya, kebaruan atau perspektif baru yang disajikan Museum BRI terhadap sejarah keuangan Indonesia inilah yang membuatnya begitu menarik. khususnya yang berkaitan dengan BRI.

Museum BRI memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk mendalami dua tema berbeda yang keduanya berasal dari sumber yang sama. Di lantai bawah, tamu bisa mengetahui lebih detail tentang sejarah BRI yang kini menjadi salah satu bank terbesar di Indonesia. Kemudian di lantai atas atau lantai dua, pengunjung juga bisa melihat perkembangan teknologi yang digunakan BRI dari masa ke masa.

Baca Juga:Foodie Wajib Tahu! Rekomendasi 5 Makanan Viral 2024 yang Unik, Instagramable dan Bikin Ketagihan5 Resep Yakiniku yang Simpel dan Hemat Bahan, Cocok untuk Pemula!

Sementara itu, museum ini memiliki beragam koleksi perbankan yang menarik untuk dilihat. Koleksi yang dimaksud terdiri dari uang kertas dan logam yang berasal dari zaman Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) dan bertahan hingga saat ini.

Selain itu, museum ini menampilkan mata uang bersejarah yang dipamerkan. Pada masa Portugis, Timor Timur dan Majapahit dibayar menggunakan uang ini. Selain itu, para tamu dapat melihat koleksi utama museum, yang dipamerkan sebagai duplikat Gedung De Poerwokertosche Hulp-en Spaarbank der Inlandsche Bestuursambtenaren.

Untuk lebih jelasnya disebutkan dalam website Dinkominfo Kabupaten Banyumas bahwa Bank Rakyat Indonesia sudah ada sebelum BRI. disebut Bank Bantuan Penduduk Asli Bukan Yahudi, atau Hulp-En Spaarbank der Inlandsche Bestuursambtenaren. Hal inilah yang membuat melihat koleksi utama yang berbentuk model skala strukturnya begitu menarik.

Pengunjung juga dapat mengamati berbagai ruang kerja yang biasa digunakan oleh karyawan industri perbankan, bahkan di lantai paling bawah. Anak-anak dapat belajar tentang perbankan di Indonesia melalui beberapa atraksi Museum Bank Rakyat Indonesia, selain pengunjung dewasa.

Rute Museum Bank Rakyat Indonesia

0 Komentar