Bahaya Menyikat Gigi Setelah Minum Kopi, Berikut 4 Tips Merawat Gigi Tetap Sehat

Bahaya Menyikat Gigi Setelah Minum Kopi, Berikut 4 Tips Merawat Gigi Tetap Sehat
Tips merawat gigi setelah minum kopi. Foto: Pinterest/rakcer.id
0 Komentar

CIREBON, RAKCER.ID – Bagi kamu penikmat kopi di pagi hari, mungkin kebiasaan langsung menyikat gigi setelah minum kopi sudah menjadi rutinitas untuk mencegah noda pada gigi dan menghilangkan bau mulut.

Namun, tahukah kamu bahwa langsung menyikat gigi setelah minum kopi dapat merusak gigi secara permanen? Berikut penjelasannya.

Kopi termasuk minuman asam yang dapat menurunkan pH mulut, melemahkan email gigi, dan membuat gigi lebih rentan terhadap kerusakan. Saat kamu minum kopi, zat ini masuk ke dalam rongga dan lekukan kecil pada gigi, sehingga menyebabkan noda, perubahan warna, dan bintik-bintik coklat.

Baca Juga:Kim Seon Ho Kembali dalam Drama Korea Terbaru "The Tyrant", Gabungan Thriller dan Aksi yang MenegangkanDrama Korea What Comes After Love, Kisah Cinta Lintas Budaya yang Menyayat Hati

Menurut penelitian dari National Library of Medicine, menyikat gigi langsung setelah minum kopi dapat merusak gigi secara permanen.

Email gigi yang relatif lunak dalam lingkungan asam yang diciptakan oleh kopi dapat mengalami erosi akibat tindakan abrasif dari sikat gigi. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan sensitivitas dan perubahan warna gigi.

Untuk meminimalkan kerusakan email dan noda pada gigi, American Dental Association menyarankan untuk menunggu setidaknya 30 menit dan idealnya 60 menit setelah mengonsumsi makanan dan minuman asam seperti kopi sebelum menyikat gigi.

Cara Menjaga Kesehatan Gigi Setelah Minum Kopi

Agar tetap bisa menikmati kopi tanpa merusak kesehatan gigi, berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan:

1. Minum kopi menggunakan sedotan dapat meminimalkan kontak langsung antara kopi dan gigi, mengurangi risiko kerusakan asam dan noda.

2. Setelah minum kopi, bilas mulut dengan air untuk membuang residu kopi dan menetralkan asam. Ini bisa membantu mengurangi efek negatif kopi pada gigi.

3. Kunyah permen karet bebas gula untuk merangsang produksi air liur yang tidak hanya menyegarkan napas tetapi juga membantu membersihkan mulut secara alami.

Baca Juga:Berikut Sinopsis Drama Romansa Serendipity’s Embrace, Kisah Cinta Lama yang Bersemi Kembali Setelah 10 Tahun7 Fobia Unik yang Dimiliki Selebriti Indonesia, Dari Kerupuk hingga Ayam

4. Obat kumur berfluorida atau antiseptik dapat membantu mengurangi bakteri dan menjaga kebersihan mulut tanpa tindakan abrasif seperti menyikat gigi.

Dengan mengikuti tips-tips ini, kamu dapat menjaga kesehatan gigi meskipun tetap menikmati secangkir kopi favoritmu setiap hari. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan mulut dengan rutin memeriksakan diri ke dokter gigi.

0 Komentar