7 Jajanan Khas Jawa Timur yang Legendaris dan Wajib Anda Coba!

7 Jajanan Khas Jawa Timur yang Legendaris dan Wajib Anda Coba!
Jajanan khas Jawa Timur yang sangat legendaris dan harus Anda coba. Foto: Pinterest/Racker.id
0 Komentar

CIREBON, RAKCER.ID – Indonesia dikenal dengan keanekaragaman kuliner yang memukau dan menggugah selera. Setiap daerah memiliki keistimewaan kuliner masing-masing yang menawarkan cita rasa unik.

Begitu juga di Jawa Timur yang terkenal dengan berbagai jajanan khas yang lezat dan menggugah selera. Jajanan-jajanan ini umumnya memiliki rasa manis dan aroma yang sangat menggoda. 

Berikut ini adalah 7 jajanan khas Jawa Timur yang sangat legendaris dan patut dicoba:

1. Brem

Baca Juga:3 Resep Tumis Kerang Rendah Kolesterol, Dijamin Enak dan Aman!5 Resep Tumis Bunga Pepaya yang Simple dan Mudah Dibuat Dirumah, Keluarga Pasti Suka!

Makanan pertama yang harus dicoba adalah brem, jajanan khas dari Madiun, Jawa Timur. Brem berbentuk persegi panjang dengan ketebalan sekitar 1 hingga 2 cm.

Terbuat dari sari tape ketan, brem menawarkan rasa manis yang khas dan tekstur yang sangat lembut. Jajanan ini sering menjadi oleh-oleh favorit bagi para pengunjung Madiun.

2. Getuk Pisang

Getuk pisang merupakan jajanan khas dari Kediri, Jawa Timur. Sesuai dengan namanya, getuk pisang terbuat dari pisang yang diolah menjadi makanan getuk. Rasanya yang khas dan teksturnya yang lembut menjadikannya camilan yang sangat disukai.

Getuk pisang memiliki cita rasa manis dan sedikit gurih, menjadikannya pilihan yang menyenangkan untuk dinikmati kapan saja.

3. Keripik Apel

Keripik apel adalah salah satu jajanan legendaris dari kota Malang, Jawa Timur. Malang dikenal dengan produksi apelnya yang melimpah, dan keripik apel menjadi salah satu cara untuk menikmati buah ini dalam bentuk yang berbeda.

Keripik apel menawarkan rasa manis dan asam dari apel yang dikeringkan, memberikan tekstur renyah yang memuaskan.

4. Opak Gambir

Opak gambir adalah jajanan yang berasal dari Blitar, Jawa Timur. Jajanan ini memiliki rasa manis dan gurih dengan tekstur renyah yang membuatnya sangat menggugah selera. Opak gambir sering menjadi pilihan camilan saat berkumpul bersama keluarga atau teman.

5. Kue Geti

Baca Juga:5 Resep Gorengan yang Krispi dan Renyah, Cocok Banget buat Teman Ngopi atau Teh di Pagi HariKunci Hidup Sehat! 6 Resep Minuman Serai yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Kue geti merupakan jajanan khas dari Tulungagung dan Blitar. Kue ini bisa terbuat dari biji kacang tanah atau biji wijen yang dicampur dengan saus gula merah, lalu dibiarkan kering.

Rasanya yang manis dan gurih serta tekstur kue yang renyah membuat kue geti menjadi camilan yang sangat populer di daerah tersebut.

0 Komentar