Mengenal Jenis Jamur yang Bisa Dimakan, Pilihan Lezat untuk Lauk dan Camilan 

Mengenal Jenis Jamur yang Bisa Dimakan, Pilihan Lezat untuk Lauk dan Camilan 
Jamur yang bisa dimakan. Foto: Pinterest/Rakcer.id
0 Komentar

CIREBON, RAKCER.ID – Jamur tidak hanya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, tetapi juga sering dijadikan alternatif pengganti daging karena teksturnya yang kenyal dan rasa gurihnya.

Jamur mengandung berbagai nutrisi penting yang umumnya ditemukan dalam daging, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Di Indonesia, berbagai jenis jamur dapat ditemukan di pasar, masing-masing dengan karakteristik, tekstur, dan rasa yang unik. Agar tidak bingung saat memilih, berikut dibawah ini jenis jamur yang dapat dikonsumsi.

Berikut adalah 5 jenis jamur yang bisa dimakan:

1. Jamur Tiram

Baca Juga:4 Resep Makanan Bergizi dengan Protein Tinggi yang Aman untuk KolesterolMengenal Desain Arsitektur Gothic yang Misterius Namun Tetap Ikonik

Jamur ini memiliki ciri khas berupa warna putih, bentuk lebar seperti payung, dan menyerupai cangkang tiram dengan bagian tengah yang cekung.

Jamur tiram sangat populer untuk berbagai olahan seperti krispi, tumisan, sate, tongseng, atau bahkan siomay. Teksturnya yang kenyal dan rasa yang gurih menjadikannya pilihan favorit dalam banyak hidangan.

2. Jamur Merang

Jamur merang berbentuk bulat telur dengan warna cokelat gelap atau abu-abu dan tidak mudah berubah bentuk saat dimasak.

Biasanya, jamur merang yang masih muda dan belum berkembang sepenuhnya adalah yang paling banyak dikonsumsi. Jamur ini sering diolah menjadi tumisan, orak-arik, atau ditambahkan dalam sup untuk memberikan rasa yang khas.

3. Jamur Kancing

Jamur kancing, yang sering digunakan dalam berbagai masakan, seperti tumis jamur kancing dengan saus tiram, tumis pedas, mi ayam, atau sup jamur.

Jamur ini juga sering ditambahkan ke dalam saus steak atau diolah menjadi hidangan lain seperti lumpia dengan isi kornet jamur. Kreativitas dalam mengolah jamur kancing dapat menghasilkan berbagai hidangan yang lezat.

4. Jamur Kuping

Jamur kuping dikenal dengan bentuknya yang tipis dan kenyal. Jamur ini tersedia dalam bentuk basah atau kering, dengan warna putih atau hitam.

Baca Juga:Ide Desain Wall Panel Dinding Cantik yang Bisa Bikin Rumah Terlihat Mewah Bak Hotel Bintang LimaMengenal Rumah Gaya Victorian, Arsitektur Megah dan Interior Mewah yang Tak Lekang oleh Waktu

Jenis jamur ini sering digunakan dalam tumisan dan sup, serta dicampurkan dengan berbagai sayuran, daging, dan bahan lainnya untuk memberikan tekstur dan rasa yang menarik.

5. Jamur Enoki

Jamur enoki memiliki batang panjang dengan warna putih dan sering dibudidayakan di lingkungan yang terlindung dari sinar matahari.

0 Komentar