10 Gejala Angin Duduk yang Harus Diwaspadai, Jangan Sepelekan Tanda-Tanda Ini!

10 Gejala Angin Duduk yang Harus Diwaspadai, Jangan Sepelekan Tanda-Tanda Ini.
Gejala Angin Duduk. Foto: Pinterest/Rakcer.id
0 Komentar

CIREBON, RAKCER.ID – Angin duduk atau yang dalam bahasa medis dikenal sebagai angina sering kali dianggap enteng oleh banyak orang. Padahal, mengenali gejala awal angin duduk sangatlah penting untuk mencegah risiko komplikasi berat seperti serangan jantung.

Angin duduk terjadi ketika aliran darah ke otot jantung berkurang, umumnya disebabkan oleh penyempitan pada arteri koroner. Karena itu, memahami gejala awal sangat krusial.

Berikut adalah 10 Gejala Angin Duduk yang Harus Diperhatikan:

1. Nyeri Dada yang Menyebar

Baca Juga:Rekomendasi Destinasi Tempat Wisata yang Populer di Indonesia yang Wajib Anda Kunjungi!5 Resep Masakan Rumahan Praktis dan Nikmat untuk Menu Sehari-Hari

Salah satu gejala angin duduk yang paling sering ditemui adalah nyeri di dada yang bisa menyebar ke lengan kiri, punggung, leher, atau rahang.

Rasa nyeri ini sering kali terasa seperti tertekan atau berat di bagian dada, mirip dengan gejala serangan jantung. Jika kamu mengalami nyeri seperti ini, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

2. Sesak Napas

Sesak napas atau kesulitan bernapas juga bisa menjadi tanda angin duduk. Kondisi ini dapat muncul secara tiba-tiba dan sering disertai dengan kelelahan yang berlebihan. Apabila sesak napas muncul tanpa penyebab yang jelas, segera cari bantuan medis.

3. Keringat Dingin

Keringat dingin yang muncul mendadak tanpa adanya aktivitas fisik yang berat bisa menjadi tanda angin duduk. Keringat ini biasanya disertai dengan rasa cemas atau panik.

Jika kamu mengalami keringat dingin bersamaan dengan gejala lain seperti nyeri dada, segera periksakan diri ke rumah sakit.

4. Kelelahan Ekstrem

Rasa lelah yang tidak wajar dan berlebihan tanpa penyebab jelas, sering kali muncul sebelum atau selama gejala angin duduk lainnya.

5. Mual atau Muntah

Mual atau muntah yang disertai dengan nyeri dada bisa menandakan adanya gangguan pada jantung, termasuk angin duduk.

6. Pusing atau Pingsan

Baca Juga:5 Faktor yang Menyebabkan Penampilan Tampak Lebih Tua dari Usia Aslinya7 Cara untuk Tetap Awet Muda dan Cantik di Usia 40 Tahun

Kehilangan keseimbangan, pusing, atau pingsan bisa menjadi gejala angin duduk, terutama jika disertai dengan nyeri dada atau sesak napas.

7. Rasa Tidak Nyaman di Dada

Selain nyeri, beberapa orang mungkin merasakan ketidaknyamanan seperti sensasi tertekan atau tertahan di dada.

8. Nyeri di Bagian Tubuh Lain

Nyeri yang menyebar ke bagian tubuh lain seperti punggung, rahang, atau lengan kiri bisa menjadi tanda bahwa aliran darah ke jantung terganggu.

0 Komentar