10 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

10 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Lambung
Bagi penderita asam lambung, menjaga pola makan menjadi kunci utama untuk mencegah kambuhnya gejala. Foto: pinterest/Rakcer.id
0 Komentar

Solusi: Jika perlu menggunakan saus dalam masakan, pilih saus yang berbahan dasar rendah asam atau cobalah mengganti saus tomat dengan saus berbahan dasar sayuran lain yang tidak asam.

6. Bawang Putih dan Bawang Bombay

Bawang putih dan bawang bombay, terutama yang mentah, bisa memicu naiknya asam lambung karena dapat meningkatkan produksi gas dan menyebabkan iritasi pada lambung.

Bagi penderita asam lambung, kedua bahan ini sebaiknya dihindari atau dikonsumsi dalam jumlah yang sangat terbatas.

Baca Juga:7 Air Terjun Tertinggi dan Paling Indah di India, Ada yang Dijuluki Niagara Mini!7 Situs Sejarah di Istanbul yang Harus Anda Kunjungi saat Liburan Nanti

Solusi: Gantilah bawang putih dan bawang bombay dengan rempah-rempah yang lebih ringan seperti seledri atau parsley yang tetap memberikan rasa pada masakan tanpa memicu gejala asam lambung.

7. Minuman Bersoda

Minuman bersoda mengandung gas yang dapat meningkatkan tekanan di lambung, memicu naiknya asam lambung ke kerongkongan. Selain itu, minuman ini sering kali mengandung kafein dan pemanis buatan yang juga berkontribusi pada gejala refluks asam.

Solusi: Alihkan ke minuman yang lebih sehat seperti air putih, teh herbal tanpa kafein, atau air kelapa yang dapat membantu menenangkan lambung.

8. Kopi dan Minuman Berkafein

Kopi dan minuman berkafein lainnya adalah pemicu umum bagi penderita GERD. Kafein merelaksasi otot katup yang memisahkan lambung dan kerongkongan, sehingga memudahkan asam lambung naik. Selain itu, kafein juga dapat merangsang produksi asam lambung.

Solusi: Jika sulit menghindari kopi sepenuhnya, cobalah mengurangi konsumsi atau beralih ke kopi tanpa kafein yang lebih aman untuk lambung.

9. Alkohol

Alkohol, terutama anggur merah dan bir, dapat merelaksasi otot katup lambung dan meningkatkan produksi asam lambung. Mengonsumsi alkohol juga dapat mengiritasi lapisan lambung, memperburuk gejala GERD.

Solusi: Sebaiknya hindari konsumsi alkohol secara total atau batasi konsumsi pada acara tertentu saja. Air putih tetap menjadi pilihan terbaik untuk menjaga keseimbangan tubuh dan lambung.

10. Produk Olahan Susu Berlemak

Baca Juga:7 Stadion Terbesar di Asia Tenggara yang Memiliki Kapasitas Jumbo dan Fasilitas Lengkap10 Sungai Terpanjang di Dunia yang Jarang Diketahui, Nomer 1 Ada Sungai Amazon!

Susu dan produk olahannya seperti keju, mentega, dan krim mengandung lemak yang tinggi. Makanan ini dapat memperlambat pencernaan dan memicu refluks asam.

Produk susu yang tinggi lemak sering kali sulit dicerna oleh penderita asam lambung, sehingga memperparah gejalanya.

0 Komentar