Trick or Treat! Asal Usul dan Tradisi Unik di Balik Perayaan Halloween

Trick or Treat! Asal Usul dan Tradisi Unik di Balik Perayaan Halloween
Tradisi unik saat perayaan halloween. Foto: Pinterest/rakcer.id
0 Komentar

CIREBON, RAKCER.ID – Halloween adalah salah satu perayaan yang paling populer di belahan dunia Barat, khususnya di Eropa dan Amerika Serikat, dan dirayakan setiap tanggal 31 Oktober.

Perayaan ini identik dengan dekorasi rumah yang menyeramkan, kostum-kostum unik, serta tradisi “trick or treat” di mana anak-anak berkeliling meminta permen.

Sejarah Halloween

Halloween berakar dari festival bangsa Celtic kuno yang dikenal sebagai Samhain, sekitar 2.000 tahun yang lalu. Festival ini menandai tahun baru bangsa Celtic yang jatuh pada 1 November, ketika mereka percaya bahwa batas antara dunia orang hidup dan mati menjadi kabur pada malam 31 Oktober.

Baca Juga:Halloween di Kantor? Coba 8 Dekorasi Kreatif Ini untuk Pesta yang Menegangkan!Kulit Bayi yang Tipis dan Halus? Berikut 5 Cara Perawatannya agar Tetap Sehat

Pada malam ini, orang Celtic merayakan Samhain dengan api unggun besar dan mengenakan kostum menyeramkan untuk mengusir roh-roh jahat.

Istilah Halloween berasal dari abad ke-7 Masehi ketika Gereja Katolik Roma menetapkan 1 November sebagai All Saints’ Day atau All Hallows’ Day untuk menghormati orang-orang kudus. Malam sebelumnya, yaitu 31 Oktober, disebut All Hallows’ Eve, yang kemudian berubah menjadi “Halloween.”

Salah satu simbol paling ikonik dari Halloween adalah Jack O’Lantern, labu yang diukir menyerupai wajah menyeramkan.

Simbol ini terinspirasi dari legenda Jack O’Lantern, seorang arwah yang mengelabui iblis agar tidak masuk neraka, tetapi juga tidak diizinkan masuk surga.

Tradisi Halloween

Tradisi yang paling umum selama Halloween adalah mengenakan kostum seram atau lucu, serta kegiatan trick or treat di mana anak-anak berkeliling mencari permen. Meskipun tradisi kostum awalnya bersifat menyeramkan, kini banyak yang juga mengenakan kostum karakter-karakter populer.

Halloween di Indonesia

Meskipun Halloween bukan bagian dari budaya Indonesia, beberapa orang tetap ikut merayakannya dengan pesta kostum bersama teman-teman atau keluarga. Perayaan ini mungkin tidak semeriah di negara-negara Barat, tetapi tetap bisa menjadi momen yang menyenangkan.

Halloween adalah waktu yang penuh kreativitas dan keceriaan bagi banyak orang di seluruh dunia.

Baca Juga:Konspirasi dan Aksi Balas Dendam, 7 Rekomendasi Drama Korea Detektif yang Wajib Masuk WatchlistVisinema Pictures Sukses dengan Home Sweet Loan, Adaptasi Novel Populer yang Menggetarkan Hati

Meski tidak terlalu populer di Indonesia, Halloween tetap menjadi perayaan yang menarik untuk diketahui dan, bagi sebagian orang, turut dirayakan.

0 Komentar