6 Fakta Bangau Demoiselle, Jenis Bangau Terkecil dan Sangat Anggun 

6 Fakta Bangau Demoiselle, Jenis Bangau Terkecil dan Sangat Anggun 
Bangau Demoiselle Foto : Pinterest / Rakcer.id
0 Komentar

4. Kerap melakukan migrasi yang jauh

Sebagai burung yang bermigrasi, bangau demoiselle akan memulai perjalanannya pada bulan Agustus atau September untuk menghindari menghabiskan musim dingin di utara.

Mereka hanya bermigrasi ke utara pada musim semi, pada bulan Maret atau April.

Bangau Demoiselle akan bepergian secara berkelompok, sama seperti burung lainnya.

Angka ini bukanlah angka yang kecil jika sebuah “kelompok” migran bisa berjumlah 400 orang.

Baca Juga:Si Kecil Hijau yang Kaya Manfaat, Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan Tubuh Menyimpan Segudang Manfaat Bagi Tubuh, Manfaat Wortel Untuk Kesehatan 

Namun pada musim semi, ketika mereka kembali ke daerah asalnya, mereka terbang dalam kelompok kecil yang terdiri dari empat hingga sepuluh orang.

Sea World mengklaim burung ini bisa terbang antara 4.875 hingga 7.925 meter saat bermigrasi.

Karena jauhnya jarak yang harus mereka tempuh selama migrasi, banyak dari mereka yang meninggal karena kelelahan atau kelaparan. Mereka juga bisa dirugikan oleh serangan burung pemangsa.

5. Perilaku sosial bangau demoiselle

Bangau demoiselle sangat senang hidup sendiri, tapi juga sangat sering berinteraksi dalam kelompok.

Dilansir dari Animalia, untuk beberapa kegiatan seperti bersolek atau merapikan bulu, bangau demoiselle senang melakukannya sendirian.

Akan tetapi, mereka juga senang bersosialisasi dengan kawanannya terutama di luar musim kawin.

6. Karakteristik fisik

Berbeda dengan spesies bangau lainnya, bangau demoiselle memiliki panjang maksimal 1,5 meter.

Baca Juga:4 Serial Dokumenter Perang Dunia II di Eropa yang Sangat Menarik Untuk dilihat Memiliki Tanduk yang Besar, 7 Fakta Domba Bighorn yang Sangat Agresif Apabila Musim Kawin Tiba 

Panjang tubuh demoiselle dewasa rata-rata hanya 90 cm, dan beratnya antara 2 dan 2,7 kg. Mereka dikatakan sebagai spesies bangau terkecil di dunia.

Bangau Demoiselle juga dapat dikenali dari ciri pembeda lainnya selain ukuran tubuhnya. Kepalanya ditutupi bulu, tidak gundul seperti bangau lainnya, menurut Animal Diversity.

Selain itu, Demoiselle memiliki bulu berwarna putih yang menonjol dari sisi mata merahnya. Kakinya berwarna hitam, dan tubuhnya ditutupi bulu abu-abu.

Burung jantan dan betina mempunyai ciri fisik yang sama. Bangau Demoiselle biasanya jauh lebih besar pada bangau jantan saja.

Nah itu tadi adalah pembahasan mengenai 6 fakta menarik bangau demoiselle semoga bisa menambah pengetahuan kita semua.(*)

0 Komentar