Fakta Menarik Tentang Biawak Jenis Reptil yang Sangat Besar

Fakta Menarik Tentang Biawak Jenis Reptil yang Sangat Besar
Biawak komodo Foto : Pinterest / Rakcer.id
0 Komentar

Biawak tak bertelinga (Lanthanotus borneensis) yang berasal dari Pulau Kalimantan merupakan salah satu spesies biawak yang tidak termasuk dalam genus Varanus melainkan Lanthanotus.

Ada beberapa spesies biawak yang hidup di pohon

Saat masih kecil, banyak jenis kadal yang hidup di pepohonan. Komodo termasuk salah satunya. Hal ini disebabkan kanibalisme biasa terjadi pada komodo.

Karena terlalu berat untuk dinaiki oleh komodo raksasa, komodo kecil malah akan memanjat pohon agar tidak menjadi mangsanya.

Baca Juga:Memilik Penampilan Mencolok, 5 Fakta Menarik Mengenai Burung Kakak Tua Jambul Kuning5 Rekomendasi Jajanan yang ada di Bangkok, Wajib Kamu Coba Bila Berkunjung ke Bangkok

Biawak hitam, juga dikenal sebagai biawak beccari (Varanus beccari), merupakan salah satu spesies biawak kecil yang hanya hidup di pepohonan.

Ukurannya mencapai satu meter. Mereka memanjat dan menempel di pohon menggunakan ekornya yang panjang dan cakarnya yang kuat.

Ada yang merupakan omnivore

Karnivora sejati, seperti komodo, yang dianggap sebagai salah satu makhluk paling mematikan di dunia, merupakan mayoritas biawak.

Namun ternyata, Varanus olivaceus, salah satu spesies biawak, juga merupakan hewan omnivora yakni mengonsumsi sayuran dan daging.

Varanus olivaceus tidak mengejar binatang; sebaliknya, ia mengonsumsi buah-buahan.

Sementara itu, buah-buahan menjadi menu utama bagi Varanus bitatawa asal Filipina.

Sementara itu, semua jenis makhluk hidup, termasuk serangga, laba-laba, kepiting, burung, bahkan cacing, dikonsumsi oleh spesies kadal karnivora.

Nah itu tadi adalah 5 fakta mengenai biawak seoga bisa menambah pengetahuan kita semua.(*)

0 Komentar