BPJS Kesehatan Tegaskan Komitmen Akses Layanan Kesehatan Bagi Warga Tidak Mampu

BPJS Kesehatan Tegaskan Komitmen Akses Layanan Kesehatan Bagi Warga Tidak Mampu
Pemerintah terus berkomitmen memastikan seluruh masyarakat Indonesia, khususnya yang berasal dari keluarga tidak mampu mendapatkan akses layanan kesehatan yang memadai melalui Program JKN. FOTO:ISTIMEWA/RAKCER.ID
0 Komentar

Lanjut pelayanan ini meliputi rawat jalan, rawat inap, tindakan medis, pemeriksaan penunjang, hingga obat-obatan yang dijamin sesuai ketentuan. Dengan kepesertaan JKN yang aktif, masyarakat tidak perlu lagi khawatir soal biaya berobat karena seluruh biaya pelayanan kesehatan telah dijamin Program JKN,” jelas David.

David juga menjelaskan, BPJS Kesehatan juga terus memperluas kemudahan akses layanan, salah satunya melalui penguatan kanal digital seperti Aplikasi Mobile JKN, Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp(PANDAWA) di nomor 08118165165, dan Care Center 165. Inovasi layanan ini bertujuan agar peserta JKN yang memiliki keterbatasan akses informasi, tetap mendapatkan kemudahan untuk mengakses layanan kesehatan yang menjadi haknya.

“Penyelenggaraan Program JKN tak luput dari tantangan yang ada. Oleh sebab itu sinergi semua pihak, baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan seluruh pihak yang menjadi bagian dalam ekosistem JKN diperlukan demi menjaga keberlangsungan Program JKN,” ucap David.

Baca Juga:8 Cara Menunjukkan Kamu Cerdas Tanpa Perlu Banyak BicaraMengenal 3 Gejala Kista pada Perempuan, Termasuk Siklus Menstruasi yang Tidak Teratur?

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menilai akses layanan dasar seperti pendidikan, kesehatan, dan jaminan sosial merupakan instrumen penting yang harus dipastikan dapat dinikmati seluruh lapisan masyarakat, termasuk mereka yang berada di wilayah pesisir, pelosok, maupun daerah yang selama ini sulit dijangkau.

“BPJS Kesehatan memiliki peran strategis untuk terus memperluas jangkauan layanan, khususnya bagi masyarakat kurang mampu. Layanan kesehatan harus hadir untuk masyarakat, jangan sampai ada yang terhambat berobat hanya karena biaya,” tegas Cak Imin.

Menurut Cak Imin, ketika akses layanan kesehatan sudah setara bagi semua lapisan masyarakat, maka daya tahan sosial dan kualitas hidup masyarakat miskin akan ikut meningkat. Dengan demikian, target penghapusan kemiskinan ekstrem bukan sekadar wacana, tetapi bisa dicapai dengan langkah konkret.

“Tugas BPJS Kesehatan ke depan jelas, bagaimana terus menjangkau masyarakat lebih luas, lebih inklusif, lebih mudah, dan lebih cepat. Bahkan kini berbagai negara melakukan benchmark ke BPJS Kesehatan, menunjukkan bagaimana eksistensi Program JKN yang semakin diakui dunia,” ujar cak imin (her)

0 Komentar