Panduan Lengkap Algoritma TikTok 2025: Tips dan Trik Menaikkan Engagement

Panduan Lengkap Algoritma TikTok 2025: Tips dan Trik Menaikkan Engagement
Panduan Lengkap Algoritma TikTok 2025. Tangkapan layar/Rakcer.id.
0 Komentar

CIREBON, RAKCER.ID – Popularitas TikTok sebagai media sosial yang banyak digandrungi membuat orang berlomba-lomba untuk menjadi Content creator di platform tersebut. Beberapa orang berhasil, namun banyak juga tidak bisa menembus algoritma TikTok.

Pada artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap algoritma TikTok 2025 yang dapat membantu konten kamu lolos di halaman FYP. Namun sebelumnya, kamu harus mengetahui tentang algoritma TikTok beserta cara kerjanya.

Apa itu Algoritma TikTok?

Algoritma TikTok merupakan sistem rekomendasi yang memungkinkan pengguna atau audiens menemukan video yang muncul pada laman FYP (For you page) sesuai dengan preferensi dan minat pengguna.

Baca Juga:6 Cara Memaksimalkan Instagram Bisnis Melalui Penulisan Bio Agar Terlihat ProfesionalBongkar Strategi Content Creator: Tips Agar Feed Instagram Aesthetic dan Profesional

Algoritma TikTok dirancang khusus untuk memprioritaskan relevansi konten yang sering dilihat oleh pengguna untuk menjaga keterlibatan audiens dengan memilih konten yang paling diminati.

Sistem ini memberikan kesempatan yang sama kepada kreator baru maupun lama dalam persaingan tampil di laman FYP.

Pada intinya, meskipun kamu adalah pengguna baru yang belum memiliki pengikut, namun konten yang kamu posting sesuai dengan apa yang ingin dilihat pengguna menurut algoritma TikTok, maka kontenmu juga memiliki peluang untuk memiliki jangkauan audiens yang luas.

Cara Kerja Algoritma TikTok

Algoritma Tiktok memiliki cara kerja yang berbeda dengan algoritma media sosial lainnya, dimana media sosial lain menekankan pada jumlah pengikut atau popularitas kreator, TikTok justru menekankan pada kualitas dan relevansi konten.

TikTok akan menganalisis dan menyaring ribuan sinyal dari pengguna sehingga dapat menentukan konten yang paling diminati oleh setiap audiens. Sinyal yang disaring adalah durasi menonton video, komentar, like pada konten tertentu sehingga seiring berjalannya waktu, halaman pertama TikTok audiens akan menampilkan konten yang paling diminati secara akurat.

Mari kita bahas tahapan cara kerja algoritma TikTok bagi content creator baru berikut ini:

  • Saat pengguna baru membuat akun, mereka akan membagikan informasi dasar kepada TikTok seperti lokasi dan usia.
  • Tiktok akan merekomendasikan postingan terpopuler pada halaman pertama sesuai dengan demografis pengguna.
  • Jika pengguna memutuskan menjadi kreator, setelah kreator mengunggah video baru, TikTok akan menampilkan konten tersebut kepada lingkup kecil audiens yang mungkin menyukai konten terkait.
  • JIka dirasa engagement yang didapatkan konten tersebut cukup baik, maka algoritma TikTok akan mencatat dan menampilkannya pada jangkauan audiens yang lebih luas.
  • Pencarian, komentar, suka dan interaksi sekecil apapun pada setiap konten yang relevan akan dicatat oleh algoritma dan menentukan konten yang akan ditam[pilkan pada laman FYP pengguna.
0 Komentar