6 Fakta Menarik Babi Rusa, Babi yang Memiliki Gading Ke Atas

waktu baca 3 menit
Babi rusa adalah hewan endemik yang berasal dari indonesia Foto : Pinterest RAKCER.ID

CIREBON, RAKCER. ID – Fakta menarik babi rusa, Gading babi rusa terkenal melengkung secara unik. Inilah jenis-jenis hewan yang terdapat di Indonesia, khususnya di Sulawesi. Genus Babyrousa termasuk babi rusa.

Dahulu diyakini bahwa semua spesies adalah identik. Namun pada tahun 2002, variasi fisik dan genetik ditemukan, yang menyebabkan pembagiannya menjadi beberapa spesies.

Lalu fakta menarik babi rusa apa saja yang membuat kita penasaran terutama bagian gading yang tumbuh ke atas apakah mempunyai kegunaan lain atau hanya sabagai pemikat lawan jenis nah daripada penasaran mari simak artikel berikut ini yaitu : 5 Fakta menarik babi rusa.

Baca Juga:
6 Fakta Menarik Ekidna, Hewan Mamalia yang Bertelur
5 Fakta Unik Burung Kuntul Hitam, Si Pintar Ketika Berburu

  1. Hewan omnivora

Fakta menarik babi rusa yang pertama yaitu hewan omnivora, Sebagai hewan omnivora, babi rusa memiliki beragam jenis makanan. Serangga, ikan, mamalia kecil, buah beri, kacang-kacangan, daun, jamur, dan banyak makanan lainnya dikonsumsi oleh mereka.

Karena babi rusa, tidak seperti babi lainnya, tidak memiliki tulang rostral, mereka menggali dengan kukunya, bukan dengan moncongnya.

Dalam mencapai dedaunan yang lebih tinggi, babi rusa bahkan berdiri dengan dua kaki dan menegakkan punggungnya.

  1. Kegunaan gading babi rusa

Fakta menarik babi rusa yang ke 2 yaitu kegunaan gading babi rusa, Masih belum diketahui kegunaan gading babi hutan.

Menurut sebuah artikel, teori aslinya adalah bahwa laki-laki menggunakan gading mereka untuk melindungi wajah dan mata mereka dari cedera yang diderita selama pertempuran atau untuk berperang demi perempuan.

Namun, gadingnya tidak cocok untuk pertempuran karena tidak dapat menahan tekanan yang besar.

  1. Wilayah persebaran

Fakta menarik babi rusa ke 3 adalah wilayah persebaran, Jenis babi yang terdapat di Sula, Buru, Sulawesi, dan Togian disebut babi rusa.

Ya, mereka berasal dari Indonesia. Tepian sungai di hutan hujan tropis adalah rumah bagi babi rusa. Babi rusa diperkirakan dikirim sebagai hadiah ke kerajaan oleh manusia karena adanya celah aneh di pulau tempat mereka ditemukan.

  1. Babi rusa jantan yang memiliki gading

Fakta menarik babi rusa ke 4 adalah babi rusa jantan yang memiliki gading, Rusa babi jantan dikenal mempunyai gading bagian atas yang khas.

Tinggalkan Balasan