6 Fakta Unik Sapi Gaur, Si Sapi Perkasa, Pendiam Namun Sangat Berbahaya

waktu baca 3 menit
Sapi gaur adalah sapi asli dari india yang memiliki badan yang sangat besar Foto : Pinterest RAKCER.ID

CIREBON, RAKCER. ID – Fakta unik sapi gaur, Dalam keluarga Bovidae, Gaur merupakan spesies sapi liar terbesar. Di Malaysia disebut seladang, dan di Myanmar disebut pyaung.

Dimensi tubuhnya 2,5–3,3 m, tinggi 1,6–2,2 m, dan berat 650–1.000 kg, Cukup besar, ya? Gaur secara keseluruhan tampak kuat, dengan kepala besar.

Warna tubuh mereka berfluktuasi antara kemerahan, coklat, dan hitam untuk sementara. Tanduk di sisi kepala jantan dan betina melengkung ke atas, Bahkan bahu laki-laki dewasa pun memiliki punuk.

Baca Juga:
5 Fakta Unik Burung Murai Batu, Si Pengicau yang di Sukai Oleh Semua Orang
5 Jenis Burung Hantu Di Lindungi, Karena Keberadaan nya Yang Sangat Terancam

Lalu fakta unik apa saja yang dimiliki oleh sapi gaur ini berikut ini adalah : 6 Fakta unik sapi gaur.

  1. Sebenarnya sapi ini cukup pendiam

Fakta unik sapi gaur pertama yaitu jenis sapi ini cukup pendiam, Sejauh ini, belum ada mekanisme atau metode komunikasi gaur yang mapan dalam kawanan mereka.

Namun saat mereka marah atau lapar, mereka akan mengeluarkan banyak suara. Atlas Dunia menyatakan bahwa ‘mendengus bersiul’ adalah sinyal peringatan yang digunakan oleh para penjaga Selain itu, mereka bereaksi dengan hati-hati dan malu-malu terhadap manusia, sapi ini menjadi ganas apabila merasa terganggu.

  1. Sapi yang sangat gesit dan cepat

Fakta unik sapi gaur ke 2 yaitu jenis sapi yang gesit dan cepat, Meskipun gaur memiliki tubuh yang besar dan berat, kelincahan dan kecepatannya tidak dapat disangkal.

Mereka dapat berlari secepat kuda, mencapai kecepatan tertinggi 56,3 km/jam. Padahal, , gaur mempunyai kelincahan melompati pagar dan berbalik dengan lincah.

  1. Sistem Perkawinan

Fakta unik sapi gaur ke 3 adalah sistem perkawinan, Dalam sistem perkawinan poligini gaur, seekor jantan kawin dengan banyak betina.

Jantan menarik betina untuk kawin dengannya selama musim kawin dengan menghasilkan nada resonansi yang khas dan sebanding, Laki-laki dengan fisik lebih besar lebih mungkin menemukan pasangan.

Mereka berkembang biak sepanjang tahun, dengan bulan Desember hingga Juni menjadi bulan tersibuk.

Seekor bayi gaur dengan berat 23 kg dilahirkan oleh ibunya dalam masa kehamilan 270–280 hari. Pada usia dua hingga tiga tahun, gaur sudah matang secara seksual.

  1. Hewan yang sangat berbahaya

Tinggalkan Balasan