Apa Itu Artificial Intelligence dan Penerapannya

Artificial Intelligence
AI. Ilustrasi Kecerdasan Buatan. Image: Pixabay.com

RAKCER.ID – Belakangan ini sedang viral dan menjadi perbincangan warganet sebuah chatbot bernama ChatGPT berbasis teknologi Artificial Intelligence (AI) yang dapat melakukan interaksi percakapan dengan pengguna secara canggih. Maksud canggih di sini, chatbot tersebut dapat memberikan jawaban yang akurat ketika pengguna mengirimkan pertanyaan atau perintah untuk membuat sesuatu dalam bentuk teks.

Lalu, apa itu Artificial Intelligence (AI) dan Contoh Penerapannya?

Merujuk Britanica.com, Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan adalah sebuah simulasi proses kecerdasan manusia yang diterapkan pada mesin, terutama sistem komputer. Aplikasi spesifik AI meliputi sistem pakar, pemrosesan bahasa alami, pengenalan suara, dan visi mesin.
Karena tren seputar AI semakin cepat berkembang, Banyak industri penuh euforia menyambut AI. Namun, beberapa tenaga kerja yang pesimis menganggap kecerdasan buatan adalah ancaman kepada tenaga kerja manusia.
Bagaimanapun, kita tidak bisa mengesampingkan manfaat kecerdasan buatan untuk menunjang pekerjaan di berbagai industri. Berikut ini adalah contoh pemanfaatan teknologi ini di beberapa industri.

  • Perbankan

Teknologi kecerdasan buatan bisa mendorong industri perbankan lebih maju. Hal ini perlu membutuhkan sinergi antara data scientist, hardware dan tools yang tepat.
Pengaplikasian kecerdasan buatan di perbankan misalnya untuk credit decision, chatbox, algoritma trading, protection, dll.

Baca JugaPerguruan Tinggi Ternama di Korea, Siap Bantu Kembangkan PJJ IAIN CirebonInovasi Terbaru dalam Desain Rumah Minimalis yang Wajib Dicoba

  • Transportation

Industri transportasi sudah cukup melek dengan teknologi ini. Industri ini bisa memanfaatkan sistem kecerdasan buatan tidak hanya pada kendaraan. Tapi juga manajemen traffic dan hal-hal lain yang berkaitan.
Contoh penerapan spektakuler teknologi kecerdasan buatan di industri ini adalah self drive vehicles. Contoh lainnya adalah pencarian sopir pada aplikasi ojol.

  • Telekomunikasi

Industri komunikasi merupakan salah satu industri yang cukup aktif mengembangkan sistem kecerdasan buatan. Bisa Anda lihat dari banyaknya muncul promosi teknologi AI di berbagai smartphone.
Contoh penerapan kecerdasan buatan di industri telekomunikasi adalah filter di foto hp, face recognition untuk membuka kunci hp, dll.
Dengan demikian, AI ini mampu membantu umat manusia khususnya bidang industri agar lebih cepat dan efisien dalam menyelesaikan pekerjaan. (*)

Kirim Komentar