Ketua Bawaslu Majalengka Bantah Dukung DPD, KPU Temukan Dukungan saat Verifikasi Faktual

Ketua Bawaslu Majalengka
PENCATUTAN. Ketua Bawaslu Majalengka, Agus Asri Sabana (tiga dari kanan)membantah memberikan dukungan kepada salah satu calon anggota DPD. rakcer.id/hasanudin

RAKCER.IDKetua Bawaslu Majalengka Agus Asri Sabana akhirnya buka suara terkait dugaan dirinya menjadi salah satu pendukung bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD).
Kabar itu didapat Ketua Bawaslu Majalengka setelah KPU Majalengka melakukan verifikasi faktual (verfak) kepada ribuan sampel dukungan dari 52 calon DPD yang lolos verifikasi administrasi.
Ketua Bawaslu Majalengka menyebut dirinya menjadi “korban” pencatutan nama untuk dukungan calon DPD. Agus sempat didatangi KPU Majalengka untuk dilakukan verifikasi faktual.
“Saya dapat informasi nama saya masuk sebagai pendukung salah satu calon DPD itu pada 30 Januari lalu,” ujar Agus, Sabtu 25 Februari 2023.
Sebagai tindak lanjut dari temuan itu, Agus mengaku saat itu langsung membuat surat pernyataan berisi bantahan. Setelah membuat surat pernyataan itu, namanya sudah tidak muncul lagi sebagai pendukung calon DPD itu.
“Tanggal 1 Februari saya bikin surat pernyataan, berisi bantahan bahwa saya tidak memberi dukungan,” terang Ketua Bawaslu Majalengka.
“Tanggal 2 Februari nama saya sudah tidak ada di aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon) itu. Tanggal 3 saya cek lagi, dan memang sudah clear bahkan saya screenshot,” sambungnya.
Terkait kabar bahwa KPU Majalengka menemukan nama Ketua Bawaslu masuk dalam Silon sebagai pendukung calon DPD, Agus mengaku tidak mengetahui pasti apakah itu temuan terbaru atau bukan.
“Saya nggak tau apakah itu data terbaru, atau data lama sebelum nama saya hilang. Yang pasti, awal Februari nama saya sudah hilang,” jelasnya.
“Screenshot nama saya sudah tidak tercantum, saya serahkan juga ke KPU. Yang jelas, saya pastikan saya tidak memberikan dukungan kepada calon DPD, itu pencatutan. Saya pun tidak kenal siapa calon DPD tersebut,” jelas dia.
Sebelumnya, KPU Majalengka tengah melakukan verifikasi faktual (verfak) terhadap ribuan nama sampel dukungan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD).
Dari proses itu, ditemukan nama Ketua Bawaslu Majalengka, Agus Asri Sabana yang diduga menjadi pendukung salah satu bakal calon DPD.
Ketua KPU Majalengka, Agus Syuhada mengatakan temuan itu dari informasi jajarannya. Pihaknya langsung melakukan klarifikasi terhadap yang bersangkutan dan kini tinggal menunggu hasil.

Kirim Komentar