RAKCER.ID – Moge Triumph Speed 400 sukses menarik perhatian konsumen, kebanyakan para anak motor dikalangan anak muda. Terhitung sudah terjual 10 ribu unit dalam waktu tiga hari dibandrol dengan harga 40 jutaan.
Sebagai informasi, motor ini merupakan hasil kolaborasi pertama Triumph dan perusahaan motor asal India, Bajaj Auto.
Kehadiran Triumph Speed 400 memang sudah ditunggu sejak lama, sekitar tiga-empat tahun lalu. Kabar tersebut pertama berhembus setelah Triumph dan Bajaj mengumumkan kerja sama jangka panjang.
Baca Juga:Baca Ini Sebelum Kamu Beli Honda PCX ! 5 Kekurangannya Apakah Layak Dibeli ?Bocoran Terbaru ALL New Honda Beat 150 Update Spesifikasi Segini Harganya
Simak Ulasan Lengkap Tentang Moge Triumph Speed 400
Speed 400 memiliki desain mirip Triumph Speed Twin 900. Sedangkan yang Scrambler 400 X, juga terinspirasi dari Scrambler 900.
Keduanya akan diproduksi di pabrik Bajaj India. Adapun mesin yang digunakan sebesar 398cc satu silinder baru berpendingin udara dengan kode TR. Tenaganya 40 TK di 8.000 RPM dan punya torsi 37,5 Nm di 6.500 RPM.
Speed 400 dan Scrambler 400 X memakai transmisi 6 percepatan, berbeda dengan saudara 900cc nya yang memakai transmisi 5 percepatan. Terdapat juga pendingin udara hingga sirip dibagian mesin sebagai pemanis.
Secara keseluruhan, mesin ini tampilannya seperti mesin motor Triumph yang lebih besar, ditambah ada engine cover berbentuk segitiga di sisi kanan.
Pada sasis, Speed 400 dan Scrambler 400 X memakai model tubular. Namun ada beberapa perbedaan di antara kedua motor, yakni pada setelan suspensi, sampai velf dan ban yang digunakan.
Speed 400 dibekali velg pelek 17 inci di depan dan belakang, ditambah dengan ban Metzeler Sportec M9RR. Sedangkan Scrambler 400 X menggunakan kombinasi pelek 19 inci di depan dan 17 inci di belakang, dan ban Metzeler Karoo Street.
Untuk bagian suspensi, Scrambler punya suspension travel yang lebih panjang daripada Speed yakni 150mm depan belakang. Sedangkan Speed, travel-nya 140mm di depan dan 130mm di belakang.
Baca Juga:Dulu Dianggap Rongsokan, Sekarang Jadi Barang Yang Bernilai Tinggi Vespa PTS Jadi Incaran Kolektor !Siap Meluncur ! Honda GB350S Si Ganteng Retro Yang Terlalu Sempurna Segini Harganya
Selanjutnya untuk rem juga sedikit berbeda, Scrambler lebih besar (320mm) dan Speed cuma 300mm. Mungkin ini akibat bobot Scrambler yang lebih berat (179 Kg), daripada Speed yang beratnya 170 Kg.
Soal fitur, Triumph memberikan aura yang premium, banjir teknologi. Sebut saja lampu LED, ride-by-wire, traction control, dua-channel ABS, kunci immobiliser, assist clutch, USB-C Port, dan semi digital instrument cluster.