Mandi Air Dingin: Lebih dari Sekadar Kebersihan Tubuh, Manfaat untuk Kesehatan Fisik dan Mental

waktu baca 2 menit
Mandi dengan air dingin dapat dilakukan dengan berendam atau berdiri di bawah kucuran air dingin. Foto: Pinterest/RAKCER.ID

CIREBON, RAKCER.ID – Mandi bukan hanya sekadar rutinitas kebersihan tubuh, tetapi juga dapat memberikan manfaat luar biasa untuk kesehatan fisik dan mental, terutama ketika dilakukan dengan air dingin.

Untuk itu dalam artikel kali ini kami akan membahas informasi mengenai manfaat mandi air dingin yang lebih dari sekedar kebersihan tubuh tapi ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Yuk simak informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Dr. Poonam Desai, seorang ahli kesehatan, melalui akun Instagram pribadinya, menjelaskan bahwa paparan suhu dingin dalam waktu singkat dapat membawa berbagai manfaat bagi tubuh.

Baca Juga:
Memilih Perawatan Kulit dan Kosmetik yang Tepat: Tips dari Ahli Kecantikan
Membangun Pertahanan Tubuh: Empat Cara Cepat Pulih dari Flu

Ini Dia Manfaat Mandi Air Dingin:

Mandi dengan air dingin dapat dilakukan dengan berendam atau berdiri di bawah kucuran air dingin. Dr. Desai menyarankan agar berendam dalam air dingin dilakukan dalam waktu yang singkat, sekitar 2-3 menit per sesi.

Total durasi mandi air dingin yang direkomendasikan adalah 11 menit per pekan.

Salah satu manfaat utama mandi air dingin adalah peningkatan produksi kolagen, yang dapat membantu menyamarkan kerutan di wajah. Selain itu, mandi ini juga terbukti dapat menurunkan tingkat stres, mengurangi peradangan, dan bahkan memperbaiki kualitas tidur.

Dr. Desai menekankan bahwa bagi mereka yang belum mencoba paparan air dingin, sebaiknya menambahkannya ke dalam rutinitas harian. Namun, ia juga mengingatkan bahwa konsultasi dengan dokter sebelum mencoba mandi air dingin adalah langkah bijak, terutama untuk individu seperti ibu hamil yang mungkin kurang dianjurkan untuk melakukan paparan air dingin.

Tidak hanya Dr. Desai, Dr. Avy Roy dari Uda Longevity Drink juga mendukung konsep ini. Ia mengatakan bahwa rutinitas mandi air dingin dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan secara keseluruhan. Menurutnya, paparan air dingin dapat membantu mencegah penurunan kognitif yang terkait dengan penuaan, termasuk risiko demensia.

Sebuah studi yang dilakukan pada tentara muda dari Ceko dan dipublikasikan dalam British Medical Journal menunjukkan bahwa paparan air dingin dapat memberikan manfaat signifikan bagi kesehatan fisik dan mental. Studi tersebut menemukan bahwa paparan air dingin dapat membantu menurunkan lemak tubuh dan tingkat kecemasan.

Tinggalkan Balasan