Kota Cirebon Asah Bakat Atlet Panahan Sejak Dini

Kota Cirebon Asah Bakat Atlet Panahan Sejak Dini
PANAHAN. Grage Memanah 1 dijadikan ajang para atlet panahan Kota Cirebon miliki jam terbang, sehingga diharapkan dapat berjaya di turnamen level regional maupun nasional. FOTO: SUWANDI/RAKYAT CIREBON
0 Komentar

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON – Kota Cirebon tak kekurangan atlet panahan berbakat jika olahraga ini difasilitasi dengan baik. Buktinya, anggota pemanah dari Grage Archery Club yang masih kelas 3 SD, berhasil menyabet nilai sempurna pada ajang Grage Memanah 1 yang digelar Grage Archery Cirebon dan Apotek Drajat, Jumat-Minggu (18-20/3).

Ketua Pelaksana Grage Memanah 1, Budihardjo Tjandra menjelaskan, panahan merupakan jenis olahraga  membina mental dan fisik atlet. Sehingga diperoleh kesehatan jasmani dan rohani dalam suatu tujuan latihan.

Olahraga panahan memiliki karakteristik yang berbeda dengan cabang olahraga lainnya. Yakni melepaskan sebuah objek, sehingga tepat mengenai sasaran yang dituju.

Baca Juga:Rumah Korban Puting Beliung Belum Tersentuh Bantuan PemerintahProgress Program Kotaku dari Kementerian PUPR, Panjunan Segera Bebas Kumuh

“Atas dasar itulah GAC (Grage Archery Cirebon) bermaksud mengadakan kejuaraan panahan terbuka sebagai ajang pengembangan bakat putra putri terbaik tingkat Kota Cirebon,” ujar Budiharjo.

Grage Memanah 1 digelar untuk mengedepankan kebersamaan antar atlet, serta kegiatan yang bersifat mengembangkan bakat, daya kreativitas, keterampilan, ketangkasan sportifitas dan rasa persaudaraan antar sesama.

Ada beberapa kelas kejuaraan. Antara lain Standar Bow diikuti  SD Kelas 1 – kelas 3 jarak 10 M, SD Kelas 4 – kelas 6 jarak 15 M, dan SMP – SMA jarak 30 M. Kemudian Barebow untuk level SD jarak 5 M, Barebow SMP – SMA jarak 10 M, Barebow Umum jarak 18 M, Recurve, Umum 70 M dan Compound Umum 50 M Beregu.

“Adapun manfaat dan tujuan kegiatan ini adalah mengembangkan prestasi para pemanah ke jenjang yang lebih tinggi dalam tingkat nasional maupun internasional dan menciptakan pemanah yang berjiwa sportif, terampil tanggung jawab dan disiplin tinggi. Sekaligus sebagai wadah dan sarana untuk mengukur kompetensi dan skill para atlet dalam bertanding,” kata Budiharjo.

Sementara itu, Owner Apotek Drajat, Aryanda Hadi Saputra menjelaskan sasaran Grage Memanah 1 ini adalah  para pelajar SMP, SMA atau sederajat dan masyarakat umum. Kegiatan ini diharapkan membangkitkan minat masyarakat terhadap olahraga panahan.

“Diperlukan konsistensi serta komitmen dalam bertanding dan mengasah kemampuan dan melatih mental bertanding yang akan terwujud dalam pengalaman pertandingan mereka,” imbuhnya. (wan)

0 Komentar