1.009 Petugas Pantarlih Kota Cirebon Dilantik, Segera Turun Lakukan Coklit

DILANTIK. Petugas pantarlih Kota Cirebon dilantik serentak, Minggu (12/02). Mereka akan mulai bekerja melakukan pencoklitan.
DILANTIK. Petugas pantarlih Kota Cirebon dilantik serentak, Minggu (12/02). Mereka akan mulai bekerja melakukan pencoklitan. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/RAKYAT CIREBON
0 Komentar

RAKCER.IDPetugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) atau Pantarlih Kota Cirebon, yang sudah dibentuk melalui proses seleksi administrasi, secara serentak dilantik, Minggu 12 Februari 2023.
Petugas Pantarlih dilantik langsung oleh petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) di masing-masing Kelurahan atau Desa. Di Kota Cirebon, 1.009 petugas Pantarlih dilantik dan tersebar di 22 PPS yang ada.
Setelah itu, mereka akan mulai menjalankan tugasnya, turun ke lapangan melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) dengan metode sensus. Berbekal data yang diberikan KPU.
Koordiv Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kota Cirebon, Dra Nur Dewi Kurniyawati menyampaikan, sedikit ada perubahan dari jadwal awal.
Masa kerja Pantarlih akan berlangsung selama kurang lebih satu bulan, terhitung setelah dilantik tanggal 12 Februari kemarin. Sampai tanggal 14 Maret mendatang.
“Masa kerjanya mulai hari ini, 12 Februari sampai 14 Maret,” ungkap Dewi.
Di hari pertama usai dilantik, lanjut Dewi, para petugas Pantarlih terlebih dahulu akan diberikan pembekalan melalui Bimtek dari PPS. Lalu setelah itu, bisa langsung melakukan coklit di hari pertama.
Mereka pun akan bekerja di bawah PPS, dan menyampaikan laporan langsung kepada KPU. Melalui PPS di masing-masing kelurahan.
“Bisa langsung hari ini (Minggu, red), terutama tokoh yang terdekat,” lanjut dia.
Sesuai dengan prediksi dan estimasi jumlah pemillih di satu TPS, kata Dewi, maka diperkirakan, masing-masing Pantarlih akan melalukan coklit terhadap 250 hak pilih. Dan harus selesai sebelum tanggal 14 Maret.
Sehingga jika dirata-ratakan, per hari petugas harus memutakhirkan sekitar 9 atau 10 data hak pilih.
“Masing-masing Pantarlih dibagi per TPS, untuk rata-rata 250 hak pilih,” kata Dewi.
Sementara itu, Ketua PPK Kecamatan Pekalipan, Nilawati mengatakan, di Kecamatan Pekalipan yang terdiri dari empat kelurahan, ada 94 petugas Pantarlih yang dilantik. Dan akan melakukan coklit selama satu bulan.
Sebaran estimasi TPS-nya sendiri, disebutkan Nilawati, setiap petugas Pantarlih akan memegang sejumlah pemilih di satu TPS.
Di Kecamatan Pekalipan estimasi pada Pemilu 2024 mendatang akan ada 94 TPS. Di antaranya 19 TPS di Kelurahan Pekalangan, 20 TPS di Kelurahan Pekalipan, 24 TPS di Kelurahan Pulasaren dan 31 TPS di Kelurahan Jagasatru.

0 Komentar