Kirab Merah Putih dan Budaya di Cirebon, Arak Bendera Sepanjang 500 Meter

KIRAB. Peserta Kirab Merah Putih dan Budaya di Kota Cirebon mengiring bendera sepanjang 500 meter, mulai dari Jalan Siliwangi sampai di Stadion Bima. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/RAKYAT CIREBON
KIRAB. Peserta Kirab Merah Putih dan Budaya di Kota Cirebon mengiring bendera sepanjang 500 meter, mulai dari Jalan Siliwangi sampai di Stadion Bima. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/RAKYAT CIREBON
0 Komentar

RAKCER.IDKirab Merah Putih dan Budaya untuk meneguhkan visi Bersatu Untuk Negeri bersama Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Hasyim bin Yahya, digelar Senin 6 Maret 2023.

Kirab Merah Putih dan Budaya ini diikuti 8 Kabupaten dan Kota di Utara Jawa Barat, yang masuk dalam wilayah teritorial Korem 063/ SGJ.  Yakni Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Subang, Kabupaten Karawang dan Kabupaten Purwakarta.

Adapun Kirab Merah Putih dan Budaya dimulai dari Kota Cirebon. Kirab dilepas langsung oleh Forkopimda di depan Balaikota Cirebon, Jalan Siliwangi, menuju rute yang sudah ditetapkan. Dan finish di Stadion Bima.

Baca Juga:Demokrat Resmi Deklarasi Anies Baswedan, AHY: Kapal Koalisi Siap BerlayarTak Terganggu Putusan PN Jaksel Tentang Penundaan Pemilu, KPU Kota Cirebon Tetap Fokus Jalankan Tahapan

Tidak hanya arak-arakan yang diikuti peserta dari satuan TNI-Polri, serta perwakilan delapan daerah. Pada kirab ini, peserta juga mengiring atau mengarak bendera merah putih sepanjang 500 meter, hingga sampai di Stadion Bima.

Bendera panjang tersebut, dibawa oleh seluruh pasukan. Mulai dari TNI, Polri, personel Satpol PP, hingga para ASN dan  pelajar bersama-sama.

Sampai di Stadion Bima, kirab merah putih disambung oleh Silaturahmi Kebangsaan yang diikuti oleh ribuan masyarakat yang memadati lokasi. Pada silaturahmi tersebut, Habib Luthfi menyampaikan pesan-pesan kebangsaan.

Walikota Cirebon, Drs H Nashrudin Azis SH menyampaikan, kirab merah putih ini menjadi bukti kuatnya sinergitas antar instansi. Agenda kirab memang menjadi hajat dari lintas pemerintah daerah di delapan daerah. Bersama dengan lintas instansi militer, TNI di semua satuan serta kepolisian.

“Ini menjadi bukti nyata, bahwa persatuan dan sinergitas adalah modal besar untuk mewujudkan cita-cita bangsa, menuju bangsa yang bersatu, tangguh dan berdaulat,” ungkap Azis.

Kirab Merah Putih, lanjut Azis, juga menegaskan komitmen persatuan. Semua pihak bersama-sama memperlihatkan kecintaannya terhadap bangsa. Itu direpresentasikan oleh 500 meter bendera merah putih yang menjadi lambang negara.

“Kirab ini juga adalah simbol dari komitmen bersama semua pihak. Untuk tidak pernah goyah menjaga kehormatan dan jati diri bangsa,” tegas Azis.

Baca Juga:Sekelas Rupbasan Kelas I Jakarta Utara Belajar ke Rupbasan Kelas I Cirebon, Apa Hebatnya?Hindari Tunda Bayar, DPRD Kota Cirebon: Pengguna Anggaran Jangan Gampang Terbitkan SPK

Sementara itu, dalam pesan-pesan kebangsaannya, Habib Luthfi menyampaikan, manusia harus kembali mengingat apa tujuan penciptaannya. Karena manusia diciptakan untuk saling mengenal.

0 Komentar