5 Tips Kuat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan Tahun 2023

5 Tips Kuat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan Tahun 2023
5 Tips Kuat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan Tahun 2023. Foto: Pixabay
0 Komentar

RAKCER.IDPuasa Ramadhan pada bulan suci Ramadhan sebentar lagi dan tinggal menghitung beberapa hari lagi untuk bisa merasakannya.

Dalam menyambut datangnya bulan suci ini alangkah baiknya kita perlu mempersiapkan diri kita sebaik mungkin agar bisa melaksanakan beberapa rangkaian ibadah puasa nanti dengan kondisi tubuh yang fit dan kuat.

Namun, biasanya puasa Ramadhan seringkali membuat orang-orang menjadi bermalas-malasan akibat kondisi tubuh yang lemas karena tidak makan dan minum dari pagi hari hingga petang.

Baca Juga:Terdakwa Kasus Tragedi Kanjuruhan, Eks Kasat Samapta Polres Malang di Vonis BebasArtis Kebanggaan Cirebon, Nani Wijaya Berpulang, Idap Penyakit Demensia

Untuk tetap terjaga kondisi tubuh kita tetap kuat dan berstamina, alangkah baiknya perlu diketahui berbagai tips maupun caranya.

5 Tips Kuat dalam Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan Tahun 2023:

  1. Memperbanyak konsumsi makan-makanan serat

Mengonsumi makanan serat ketika sahur dapat menahan lapar lebih lama karena makanan yang mengandung serat dapat dapat memperlambat pencernaan dan memengaruhi pelepasan hormon rasa kenyang. Inilah yang membuat nafsu makan jadi lebih teratur dan rasa kenyang terjaga dapat bertahan lebih lama.

Berikut makanan yang mengandung serat di antaranya alpukat, pir, apel, pisang, worte dan kacang polong.

  1. Berolahraga

Berolahraga saat berpuasa dapat menngkatkan kekebalan tubuh sehingga dapat menahan lapar seharian. Tidak perlu meghabiskan waktu yang banyak, saat berpuasa hendaknya cukup dengan menyisihkan waktu 15 menit untuk berolahraga setiap harinya, seperti lari sore sembari menunggu waktu berbuka tiba.

Hal ini akan membantu tubuhmu untuk tetap dalam kondisi yang sehat dan bugar untuk menjalankan ibadah puasa dalam 30 hari ke depan.

  1. Istirahat yang Cukup

Pastikan anda mendapatkan istirahat yang cukup selama waktu non-puasa untuk menjaga kesehatan mental dan fisik agar tetap terjaga.

  1. Jangan Lewatkan Sahur

Sahur adalah bagian terpentng dalam menjalankan rangkaian ibadah puasa, karena selama menjalankan badah puasa tubuh kita perlu asupan nutrisi yag cukup dan seimbang agar tidak menurun daya tahan tubuh kita selama menalankan ibadah puasa.

Baca Juga:Cirebon Viral di Twitter, Cuma karena Komentar Maneh ke Gubernur Ridwan KamilTim KPK sampai Nginep 3 Hari di Cirebon, Ternyata Gara-gara Ini

  1. Menjaga Pola Makan

Makan malam terlalu banyak saat malam hari akan menyebabkan seseorang mengalami obesitas, sehingga harus dihindari.Selain itu, juga hindari konsumsi kopi dan soda karena akan menyebabkan sulit tidur dan menimbun banyak lemak.

0 Komentar