4 Cara Mengatasi Kecemasan dan Depresi yang Efektif

Cara Mengatasi Kecemasan dan Depresi yang Efektif
Depresi yang dialami sering kali berdampak buruk untuk dirinya sendiri. Foto: Pinterest
0 Komentar

RAKCER.ID– Cara mengatasi Kecemasan dan Depresi yang Efektif, depresi adalah gangguan kesehatan mental yang serius yang ditandai oleh perasaan sedih, kehilangan minat atau kegairahan dalam kegiatan yang biasa dilakukan, kelelahan, dan perasaan tidak berdaya atau putus asa.
Jika seseorang mengalami depresi beresiko merasakan merasakan gejala fisik seperti gangguan tidur, kehilangan nafsu makan, dan sakit kepala.
Ada juga gangguan kecemasan ada bermacam-macam, mulai dari gangguan kecemasan menyeluruh, serangan panik, hingga fobia. Meski masing-masing gangguan kecemasan memiliki karakteristik yang berbeda, secara umum kondisi ini dapat ditangani dengan psikoterapi dan obat-obatan.

Cara Mengatasi Kecemasan dan Depresi yang Efektif dengan menggunakan metode alami:

1. Bercerita kepada orang terdekat

Manusia adalah mahkluk social yang selalu bergantung kepada orang lain, sering kali kita juga perlu berkelu kesah dengan orang terdekat kita untuk sekedar berbagi cerita kejadian yang terjadi pada aktivitas kita.

Baca Juga:4 Keutamaan Bulan Suci Ramadhan, Nomor 2 Doa Mudah Terkabul7 Tips Dekorasi Ruangan yang Menarik Tahun 2023

Bercerita dengan orang lain juga merupakan salah satu solusi untuk mengatasi depresi yang sedang kita alami, dengan begitu rasa cemas yang kita rasakan sekarang sedikit mereda dari sebelumnya.

Mungkin tak banyak dari kita yang tidak mempunyai tempat bercerita atau sekedar berkeluh kesah tentang hari ini, solusi yang kemudian banyak kalangan muda ambil yaitu pergi ke psikolog dengan begitu kita bisa mempunyai tempat bercerita untuk mengungkapkan semua ekspresi yang kita punya sedikit mengatasi kecemasan.

2. Olahraga yang ringan

Berolahraga secara teratur dapat membantu mengurangi risiko terjadinya depresi, serta dapat membantu mengurangi gejala depresi pada orang yang sudah mengalami gangguan ini.

Olahraga dapat meningkatkan kadar serotonin dan endorfin dalam otak, yang dapat membantu meningkatkan suasana hati dan mengurangi perasaan sedih dan kecemasan.

Adapun jenis olahraga untuk pengidap depresi sangat beragam, meliputi menari, jogging, jalan cepat, yoga, atau bersepeda. Lakukan aktivitas fisik ini secara rutin, setidaknya 30 menit setiap hari.

0 Komentar