RAKCER.ID – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memastikan, libur Lebaran yang cuti bersamanya dimajukan untuk tahun ini, tidak akan mempengaruhi akses pelayanan kepada para peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).
Sehingga selama libur Lebaran, para peserta yang memerlukan pelayanan kesehatan dari BPJS Kesehatan, tetap bisa mengaksesnya di fasilitas-fasilitas kesehatan.
Khususnya yang berkaitan dengan kebutuhan administrasi kepesertaan JKN, selama masa libur lebaran, Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti juga mengatakan akses pelayanan akan tetap terbuka.
Baca Juga:2 Ketua Fraksi DPRD Kota Cirebon Minta Paripurna Diskorsing, Ada Masalah Apa?Misi Mahfuz Sidik Untuk Partai Gelora, Rebut Kembali Kursi Dapil Jabar VIII
“Kami berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh peserta, termasuk selama libur lebaran nanti. Pada prinsipnya, BPJS Kesehatan menganut prinsip portabilitas, seluruh peserta dapat mengakses pelayanan di manapun dan kapan pun,” ungkap Ghufron saat diwawancarai mengenai kesiapan BPJS Kesehatan menjelang masa mudik lebaran tahun 2023.
Untuk memastikan pelayanan tetap bisa diberikan, dan semua kebutuhan peserta JKN bisa tetap terakomodir, lanjut Ghufron, BPJS Kesehatan menerapkan piket layanan khusus untuk di kantor cabang.
Piket layanan tersebut, akan membuka akses layanan tatap muka di Kantor0-kantor pelayanan untuk peserta JKN dari semua segmen, mulai dari Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri, hingga peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI).
“Layanan tersebut dimulai pada periode 19 sampai 21 April untuk sebelum hari raya, serta tanggal 24 – 25 April untuk setelah hari raya, mulai pukul 08.00 – 15.00,” lanjut Ghufron.
Selain pelayanan di kantor cabang, Ghufron mengatakan, peserta juga dapat memanfaatkan layanan digital Program JKN untuk memenuhi kebutuhan administrasi Program JKN, seperti Aplikasi Mobile JKN, Chat Asisstant JKN (CHIKA), Voice Interractive JKN (VIKA), Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) hingga BPJS Kesehatan Care Center 165.
layanan jemput bola melalui Mobile Customer Service (MCS) pun akan dihadirkan untuk lebih
menjangkau masyarakat dalam membuka akses layanan, dimana layanan tersebut hadir di berbagai lokasi yang ramai dikunjungi oleh masyarakat.
Untuk pelayanan diluar kantor sendiri, disebutkan Ghufron, selama masa libur lebaran nanti, BPJS Kesehatan telah membuka 955.429 kanal pembayaran yang bisa dimanfaatkan peserta untuk membayar iuran kepesertaannya.