Operasi Pasar Murah Jual Paket Sembako Rp85.500, Subsidi Pemprov Jawa Barat

operasi pasar murah
BANTUAN PROVINSI. Operasi Pasar Murah (OPM) di Desa Waringin Kecamatan Palasah diserbu masyarakat yang membeli paket sembako senilai Rp85.500. /rakcer.id/hasanudin
0 Komentar

RAKCER.IDOperasi Pasar Murah (OPM) di Desa Waringin, Kecamatan Palasah, Kabupaten Majalengka diserbu warga yang ingin membeli sembako murah Rp85.500 per paket yang dipasok dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Selasa 11 April 2023.

Bupati Majalengka memastikan kebutuhan pangan menjelang lebaran aman, sehubungan musim panen hampir di semua wilayah masih terus berlangsung. Namun operasi pasar murah tetap digelar di 26 kecamatan.

Operasi pasar murah tetap digelar untuk mengantisipasi lonjakan harga di pasaran menjelang lebaran karena tingginya permintaan pasar pada sejumlah komoditas pangan.

Baca Juga:Bantu Perbaikan 58 Rutilahu, Pemkab Majalengka Manfaatkan Dana CSRJelang Pemilihan Kepala Desa 2023, Komisi I DPRD Temukan Beberapa Masalah

Bupati Majalengka Karna Sobahi mengungkapkan, produksi gabah hasil panen tahun ini baik secara kuantitas maupun kualitas cukup baik.

Tidak terjadi serangan hama berarti ketika usai tanam ataupun menjelang panen. rata-rata produksi per hektare mencapai 7 ton.

“Pasokan barang ke sejumlah pasar di Majalengka masih cukup aman, operasi pasar sendiri sebagai langkah menstabilkan harga menjelang lebaran karena hukum pasar berlaku saat menjelang lebaran,” ujarnya.

“Kebutuhan tinggi maka harga akan alami kenaikan, tapi setidaknya ketika pangan terpenuhi maka harga akan lebih stabil,” ungkap bupati.

Operasi Pasar Murah Digelar saat Safari Ramadhan

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Majalengka selama Ramadhan melakukan safari Ramadhan dan pada acara tersebut sekaligus digelar operasi pasar di tiap kecamatan dengan pelaksana dibagi menjadi tiga tim.

“Safari Ramadhan dibagi tiga tim,” ungkap Bupati yang menyambut baik gagasan Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang melakukan operasi pasar di Majalengka dengan jumlah sasaran yang cukup banyak.

“Kami berharap adanya pasar murah ini dapat meringankan pengeluaran belanja warga Majalengka di bulan Ramadhan, dengan harga yang terjangkau mereka sudah bisa mendapatkan paket sembako berkualitas,” ungkapnya.

Baca Juga:Satlantas Polres Majalengka Gencar Razia Knalpot BisingKapolda Jabar Turunkan 27 Ribu Personel, Pemudik Diminta Tidak Menggunakan Sepeda Motor

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Perdagin) Kabupaten Majalengka Aeron Randi mengatakan, Pemkab Majalengka mendapat kuota sebanyak 6.345 Rumah Tangga Miskin (RTM) penerima sembako bersubsidi yang tersebar di Kecamatan Palasah, Kertajati, Sindangwangi, Banjaran, dan Malausma.

Paket sembako tersebut berisi beras 5 kilogram, minyak goreng kemasan 2 liter, gula pasir 2 kg, dan tepung terigu 1 kg. Masyarakat pemegang kupon cukup membayar dengan harga Rp85.500 per paket.

0 Komentar