PKB Kota Cirebon Daftarkan 35 Bacaleg ke KPU, Target 1 Kursi di Tiap Daerah Pemilihan

DAFTAR BACALEG. Petinggi DPC PKB Kota Cirebon mendaftarkan para bacalegnya pada tanggal 1 Mei, hari pertama dibukanya pendaftaran bakal calon, Senin 1 Mei 2023. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/RAKCER.ID
DAFTAR BACALEG. Petinggi DPC PKB Kota Cirebon mendaftarkan para bacalegnya pada tanggal 1 Mei, hari pertama dibukanya pendaftaran bakal calon, Senin 1 Mei 2023. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/RAKCER.ID
0 Komentar

“Jadi cukup membawa dua berkas saja, fisiknya yang harus ke KPU. Yakni penetapan nama-nama bacaleg, yang ditandatangani dan stempel basah ketua partai, serta form khusus. Sisanya, berkas persyaratan kita verifikasi melalui Silon,” tandasnya.

Pada saat mendaftar, kata Mardeko, PKB datang membawa perwakilan para bacaleg yang akan berlaga pada Pemilu 2024 mendatang.

Sesuai dengan PKPU nomor 10 tahun 2023 tentang Pencalonan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota, kata Mardeko, maka setiap parpol harus mendaftarkan nama bakal calon.

Baca Juga:ASN Pemkab Cirebon Boleh Perpanjang Cuti Idul Fitri 2023, Libur Panjang DongBulog Cirebon Bicara Blak-blakan Soal Stok Pangan Pasca Idul Fitri 2023

Sejumlah alokasi kursi di masing-masing dapil, ditambah lagi, selain tidak boleh melebihi alokasi kursi, maka bacaleg yang didaftarkan harus memenuhi syarat keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen.

“Hari ini kami terima berkas pengajuan bakal calon PKB. Sekilas memang dokumen fisik yang dibawa lengkap. PKB mendaftarkan 35 nama. Setelah ini, kita akan verifikasi melalui Silon,” kata Mardeko.

Sementara itu, Sekretaris DPC PKB Kota Cirebon, Ide Bagus Arif Setiawan mengatakan, sesuai dengan nomor urut partainya, tanggal 1, yang merupakan hari pertama pendaftaran, sengaja dipilih PKB untuk mendaftar.

Pihaknya mendaftarkan 35 nama untuk ikut dalam kontestasi perebutan kursi di DPRD Kota Cirebon tahun 2024 mendatang.

“Alhamdulillah PKB partai pertama di Kota Cirebon yang mengajukan bacaleg ke KPU. Terima kasih kepada komisioner KPU yang sudah menerima kami. Bacaleg kami lengkap 35 orang, sudah 100 persen. Target kami setidaknya setiap dapil satu kursi yang dimenangkan caleg PKB,” ungkap Ibas, sapaan akrabnya.

Selain sudah memenuhi berkas-berkas persyaratan, Ibas memastikan, PKB Kota Cirebon juga sudah memenuhi ketentuan 30 persen keterwakilan perempuan di semua dapil.

“Selama penjaringan, kami utamakan dari internal. Kemudian dari kalangan NU, banom-banom NU, pengusaha, tokoh pemuda, para pensiunan dan mantan pengurus partai lain. PKB siap jadi nomor 1 di Kota Cirebon,” tegasnya. (sep)

0 Komentar