5 Strategi Usaha Mahasiswa dalam Manajamen Waktu yang Tepat, Cocok untuk yang Sedang Skripsian

5 Strategi Usaha Mahasiswa dalam Manajamen Waktu yang Tepat, Cocok untuk yang Sedang Skripsian
5 Strategi Usaha Mahasiswa dalam Manajamen Waktu yang Tepat, Cocok untuk yang Sedang Skripsian Ilustrasi Foto/Pixabay
0 Komentar

RAKCER.ID- Usaha Mahasiswa, “Waktu adalah uang” adalah ungkapan yang sudah tidak asing lagi di telinga. Membuang waktu sama dengan membuang uang. Memang benar, karena jika membuang-buang waktu, telah membuang-buang kesempatan untuk mendapatkan uang.

Usaha Mahasiswa dalam manjamen waktu tentu memiliki kegiatan-kegiatan baik di dalam maupun di luar kampus dan baik akademik maupun non-akademik. Untuk melakukan kegiatan-kegiatan tersebut, alangkah baiknya jika Kita mengatur jadwal untuk setiap kegiatan. Disinilah letak mengapa manajemen waktu sangatlah penting.

Strategi Usaha Mahasiswa dalam Manajamen Waktu yang Tepat

  1. Usaha Mahasiswa dalam Membuat Jadwal Kegiatan

Disarankan untuk tidak membuat jadwal di dalam otak terutama bagi yang mudah lupa. Buatlah sebuah daftar kegiatan yang akan lakukan beserta waktunya di kertas, kalender, atau aplikasi pencatat jadwal di smartphone anda.

Baca Juga:5 Kiat Sukses Berwirausaha, Solusi Masa KiniUniversitas Terbaik di Indonesia Tahun 2023, Berdasarkan QS World University Rankings

Hal ini akan membuat tidak mudah lupa dengan kegiatan yang sudah direncanakan. Keseharian pun menjadi lebih terstruktur.

  1. Usaha Mahasiswa untuk ‘Questioning and Challenging’

Tips untuk mengefektifkan manajemen waktu selanjutnya adalah dengan menaikkan standar kerja. Salah satu cara untuk menaikkan standar kerja adalah dengan menguasai skill ‘questioning and challenging’.

Ketika diberikan sebuah pekerjaan apapun, harus menanyakan dengan jelas segala detail tentang pekerjaan tersebut. Daripada mempertanyakan banyak hal di tengah-tengah pekerjaan dan mengurangi waktu kerja, lebih baik meluangkan waktu di awal untuk cari tahu detailnya. Jika memiliki keberatan tentang pekerjaan tersebut, kamu juga harus mengungkapkannya di awal.

  1. Menyusun Skala Prioritas

Pemahaman terhadap skala prioritas amat penting diwujudkan dengan baik. Yang mana, setiap orang pasti memiliki prioritas tersendiri dalam hidupnya, dan dalam berbagai aspek kehidupan yang dijalaninya. Hal tersebut, juga berlaku bagi mahasiswa.

Mengikuti beragam aktivitas sosial tentu sah-sah saja untuk dilakukan. Tetapi, pemahaman terhadap prioritas juga perlu untuk dikelola dengan bijak. Maka dari itu, penyusunan skala prioritas dengan baik dan bijak, dapat meminimalisir waktu yang terbuang sia-sia.

  1. Belajar untuk Selalu Fokus

Menurut Tony Robbins, tips lain untuk membuat manajemen waktu yang lebih efektif adalah dengan tetap fokus. Apabila punya banyak tugas dan deadline yang harus dipenuhi, maka harus bisa menentukan prioritas dan fokus pada satu pekerjaan.

0 Komentar