Dipercaya Daun Bidara Arab Dapat Menangkal Jin, Sihir dan Setan, Begini Penjelasanya

Dipercaya Daun Bidara Arab Dapat Menangkal Jin, Sihir dan Setan, Begini Penjelasanya
Dipercaya Daun Bidara Arab Dapat Menangkal Jin, Sihir dan Setan, Begini Penjelasanya Foto/Pinterest
0 Komentar

RAKCER.ID- Daun Bidara Arab merupakan salah satu tumbuhan yang dipercaya dapat menangkal hal-hal mistis, seperti sihir dan jin. Hal itu dibuktikan dengan kegunaan daun bidara, terutama di Indonesia yang biasanya ketika melakukan pengobatan untuk mengusir jin dan sihir.

Daun Bidara Arab digunakan sebagai salah satu tanaman guna pengobatan ruqyah, dan mengusir jin. Beberapa kandungan penting daun bidara adalah flavonoid, polifenol, alkaloid siklopeptida, glikosida, minyak atsiri, saponin dammarane, mineral, vitamin, asam amino, dan asam lemak tak jenuh ganda.

Daun Bidara Arab atau Zizyphus mauritania adalah semak pohon yang cenderung berukuran kecil. Tanaman ini sangat bermanfaat pada bagian buahnya yang banyak digunakan untuk pembuatan obat. Daun bidara mengandung bahan kimia yang dapat menurunkan kadar gula dan lemak dalam darah.

Baca Juga:Dianjurkan Menanam Pohon Bidara, Untuk Mengobati Sihir dan 5 Tata Cara Menanamnya dengan Efektif5 Manfaat Obat Daun Bidara, Ternyata Bisa Mencegah Depresi dan Penyakit Dalam

Memahami Islam dapat dilakukan dengan sudut pandang apapun, termasuk dalam pandangan lingkungan hidup atau ekologi. Salah satunya adalah dengan menyimak penyebutan Alquran dan hadis tentang keistimewaan pohon bidara.

Daun Bidara Arab Dipercaya Dapat Menangkal Jin, Sihir dan Setan

Bahkan, Rasulullah pun menganjurkan untuk menggunakan daun bidara sebagai pengobatan alami.Ibnu Katsir menafsirkan dalam surat Al Baqarah ayat 102, menjelaskan bagaimana sifat syaiton kepada Nabi Sulaiman yang menyarankan menggunakan tujuh helai daun bidara untuk mengobati sihir.

Setelah itu, tujuh helai daun bidara tersebut ditumbuk hingga halus, dan dicampurkan air. Kemudian, air tersebut dibacakan ayat kursi, surat al-falaq, an-nas, al-kafirun, dan surat lainnya.

Daun bidara sendiri disebutkan di dalam Al-Quran sebagai daun Sidr. Di dalam Al-Quran, daun bidara disebutkan dalam surat Al Waqiah ayat 27-31 dan Surah Saba ayat 16. Daun bidara juga bisa ditemukan di Indonesia.

Tanaman ini dipercaya memiliki hubungan yang kuat dengan perjalanan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW.

وَأَصْحَابُ الْيَمِينِ مَا أَصْحَابُ الْيَمِينِ () فِي سِدْرٍ مَخْضُودٍ () وَطَلْحٍ مَنْضُودٍ

Artinya:

“Dan golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan itu. Berada di antara pohon bidara yang tak berduri, dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya).” (Surat Al-Waqi’ah ayat 27-29)

Imam Al Qurtubi dari Wahab mengatakan bahwa ambilah 7 helai daun bidara, lalu, tumbuh halus dan campurkan dengan air. Kemudian, bacakan ayat kursi, lalu, diminum kepada orang yang terkena sihir roh jahat, teguk 3 kali. Lalu, sisa airnya digunakan untuk mandi. Selain itu, diutamakan juga untuk membaca Al-Falaq, An-Nas, serta ayat kursi karena ayat-ayat tersebut bisa mengusir setan. (*)

0 Komentar