5 Tanda Seseorang Belum Sembuh dengan Traumanya

Tanda Seseorang Belum Sembuh dengan Traumanya
Salah Satu Tanda Seseorang Belum Sembuh dengan Traumanya adalah sulitnya berkonsentrasi. FOTO: pinterest.com/RAKCER.ID
0 Komentar

RAKCER.ID – Sebagian besar manusia akan beranggapan bahwa kejadian tidak menyenangkan yang pernah terjadi dalam hidup seseorang kini tidak lebih dari sekedar kenangan.

Kenangan yang mengalami kejadian tidak menyenangkan bisa memicu munculnya trauma pada seseorang dan jika trauma tersebut tidak diatasi dengan baik, maka akan berpengaruh buruk pada kehidupan seseorang.

Lalu apasaja yang menjadi tanda bahwa kenangan buruk tersebut tidak hanya sekedar kenangan tetapi trauma yang hingga kini belum juga sembuh? simak artikel berikut.

Berikut Tanda Seseorang Belum Sembuh dengan Traumanya

1. Sulit untuk berkonsentrasi

Baca Juga:Redmi 12 Resmi Rilis, Desainnya Mirip iPhone Pro SeriesTahun Depan Gas Elpiji 3 KG Dibatasi oleh Pemerintah!

Tanda Seseorang Belum Sembuh dengan Traumanya yang pertama adalah sulit berkonsentrasi, sebab trauma yang belum sembuh akan memiliki dampak negatif bagi kinerja otak.

Jika diri sendiri merasa ada celah dalam ingatan atau mengalami kesulitan dalam mempertahankan fokus dan pikiran, maka hal tersebut dapat menjadi tanda bahwa diri sendiri sebenarnya membutuhkan bantuan untuk mengatasi trauma yang belum sembuh.

2. Tidak percaya diri

Tanda Seseorang Belum Sembuh dengan Traumanya yang kedua adalah mereka akan berusaha meyakinkan orang lain bahwa mereka berharga dan berhak dicintai.

Biasanya hal tersebut disebabkan saat masa kanak-kanak, mereka sempat mengalami beberapa kejadian seperti kekerasan dan penelantaran, sehingga korban akan mempertanyakan apakah dirinya bernilai dan berkualitas atau tidak.

3. Mempunyai gejala psikologi

Tanda Seseorang Belum Sembuh dengan Traumanya yang ketiga adalah mempunyai gangguan psikologis, karena gangguan psikologis dapat muncul dan hidup berdampingan dengan trauma.

Hal tersebutlah yang menjadikan seseorang mengalami kesulitan merasa bahagia atau menemukan kesenangan. Tak jarang juga mereka mengalami perubahan pola makan dan tidur.

4. Kerap menyakiti diri sendiri atau orang lain

Tanda Seseorang Belum Sembuh dengan Traumanya yang keempat adalah mempunyai pengalaman yang membuatnya traumatis, seperti pelecehan atau kekerasan.

Baca Juga:Ada Promo Es Krim Walls di Alfamidi, Jangan Sampai Kelewat!OnePlus 9, Smartphone yang Punya Wireless Charger 50Watt Kini Tinggal Kenangan!

Dengan pengalaman itu biasanya korban akan lebih memendam semuanya sendiri dan akhirnya menyakiti diri sendiri bahkan bisa saja orang yang ada di sekitarnya menjadi korban untuk meluapkan emosi yang selama ini tertahan.

5. Sering merencanakan sesuatu

Mungkin sebagian akan heran dengan tanda terakhir ini, karena banyak orang juga yang sering merencanakan sesuatu.

0 Komentar