Blue Fire Kawah Ijen! Gunung Ijen dengan Api biru yang Indah hanya ada 2 di Dunia!

Gunung Ijen
Gunung Ijen merupakan gunung satu satunya di indonesia yang meiliki keindahan api biru. Yang dimana api biru ini hanya terdapat dua di dunia, yakni di indonesia tepatnya di banyuwangi dan islandia. FOTO:@GUNUNGIJEN/RAKCER.ID
0 Komentar

Blue Fire dan Kawah Gunung Ijen

Fenomena blue fire di Kawah Ijen sering disalahartikan sebagai blue fire. Namun fenomena blue fire di Kawah Ijen bukanlah api.

Emisi gas belerang dari retakan batuan pada suhu kurang dari 600 derajat Celcius menyebabkan api berwarna biru. Ketika senyawa gas belerang bereaksi dengan oksigen pada suhu tinggi, terjadi pembakaran.

Energi yang dilepaskan selama reaksi pembakaran ini pada akhirnya akan menyebabkan elektron dalam atom menjadi lebih aktif. Elektron yang kembali ke keadaan aslinya memancarkan energi ekstra dalam bentuk partikel cahaya.

Baca Juga:5 Gunung Terindah di Indonesia yang Memiliki Pesona Sangat Indah ! Nomor 5 Memiliki Api Biru dan Hanya Ada 2 di Dunia!5 Khasiat Kulit Manggis Kering Yang Jarang Orang Ketahui!

Panjang gelombang partikel cahaya menentukan warna visual dari pembakaran. Adanya senyawa belerang yang terbakar menyebabkan terjadinya fenomena api biru.

Kapan waktu yang ideal untuk mengunjungi Gunung Ijen?

Kapanpun wakyunya, Anda bisa pergi ke Gunung Ijen. Namun demikian, ada waktu yang optimal untuk dikunjungi, seperti penjelasan dibawah ini:

Dari Desember hingga Januari. Kabut di puncak Gunung Ijen mulai terangkat. Keindahan dan daya pikat blue fire semakin terlihat. Namun, menjelang Desember, musim hujan sudah sering dimulai. Jadi rencanakan sebelumnya untuk diri sendiri dan logistik Anda.

Dari Juli hingga September. Musim panas adalah musim paling populer untuk hiking. Tanpa hujan, tanah mengering dan memudahkan pendakian. Matahari juga memanaskan udara, menjaganya agar tidak terlalu dingin.
Menikmati Sunrise di Kawah Ijen

Tak hanya bisa menikmati blue fire, namun Anda juga bisa melihat saat siang hari tiba di sekitar Kawah Ijen. Jika ingin melihat fajar dari dekat, pergilah sekitar bulan Agustus karena posisi matahari lebih jelas.

Anda dapat melihat sekilas api biru dengan mendaki sekitar pukul 1 pagi dan tiba sebelum matahari terbit. Matahari terbit diperkirakan sekitar pukul 05.30 di puncak Kawah Ijen. Pastikan Anda memiliki perlengkapan yang cukup dan melakukan pemanasan sebelum mendaki.

Rute Menuju Kawah Gunung Ijen

Anda bisa pergi dari Banyuwangi ke Paltuding untuk mengunjungi Kawah Ijen. Ada juga loket yang buka pada pukul 01:00 dini hari.

Baca Juga:Pesona Air Sungai River Tubing Cikadongdong Wisata Baru di Majalengka Tahun 202310 Tempat Wisata Terbaik di Kuningan yang Instagramable!

Karena hanya ada satu jalur pendakian dari Paltuding, perjalanannya terbilang sederhana. Pendakian dari Paltuding ke Kawah Ijen bisa memakan waktu hingga 3 jam.

0 Komentar