Deretan 5 Gunung Tertinggi di Indonesia, Salah satunya Terletak di Papua! Gunung Apakah Itu?

Gunung Tertinggi di Indonesia
berikut adalah Gunung Tertinggi di Indonesia dan salah satunya berada di papua. FOTO: @GUNUNGJAYAWIJAYA/RAKCER.ID
0 Komentar

Gunung Rinjani, seperti Gunung Kerinci, merupakan gunung berapi aktif. Letusan terakhir terjadi antara tahun 2009 hingga 2010.

Gunung Rinjani berisi danau kawah berwarna biru kehijauan yang menjadi objek wisata di ketinggian 3.726 mdpl.

Danau yang dikenal dengan Segara Anak ini terletak sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut. Pendaki sering diarahkan ke jalur Senaru yang lebih mudah saat mencoba mendaki gunung ini.

Baca Juga:Blue Fire Kawah Ijen! Gunung Ijen dengan Api biru yang Indah hanya ada 2 di Dunia!5 Gunung Terindah di Indonesia yang Memiliki Pesona Sangat Indah ! Nomor 5 Memiliki Api Biru dan Hanya Ada 2 di Dunia!

4. Gunung Semeru

Gunung Semeru yang terletak di Kabupaten Malang dan Lumajang Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu gunung berapi Indonesia tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut.

Di puncak Gunung Semeru terdapat sebuah kawah bernama Jonggring Saloko yang mengeluarkan gas mematikan. Anak muda atau pendaki Semeru mungkin tahu cerita Soe Hok Gie, juru kampanye Indonesia yang meninggal di puncak ini setelah menyedot gas beracun di Gunung Semeru.

Gunung Semeru dikelilingi oleh empat kawasan hutan yang spektakuler: Dipterocarp Hill, Dipterocarp Atas, Montane, dan Ericaceous atau hutan pegunungan.

Jika Grameds mendaki gunung ini, ia akan menjumpai beberapa jenis tumbuhan khas Semeru, seperti pohon akasia, pohon cemara, pohon pinus, anggrek langka, dan edelweis putih.

Grameds juga dapat menemukan satwa liar seperti kumbang, rusa, musang, kancil, dan budeng di Semeru, selain flora. Bahkan di Ranu Kumbolo, pendaki bisa menjumpai burung belibis liar.

Gunung Semeru memiliki tipe iklim B atau schmindt dan ferguson, dengan curah hujan tahunan berkisar antara 927 mm hingga 5.498 mm.

Grameds harus menyiapkan perlengkapan unik untuk menaklukkan Gunung Semeru sebelum mendakinya, mulai dari peralatan rumah tangga dan pendakian.

Baca Juga:5 Khasiat Kulit Manggis Kering Yang Jarang Orang Ketahui!Pesona Air Sungai River Tubing Cikadongdong Wisata Baru di Majalengka Tahun 2023

5. Gunung Sanggar

Gunung Sanggar, setelah Gunung Semeru, merupakan gunung tertinggi kedua di NTB. Dengan ketinggian 3.564 mdpl, puncak ini masih merupakan bagian dari rangkaian pegunungan Rinjani dan masih terjaga kemegahan alamnya.

Berikut beberapa fakta menarik Gunung Sanggar:

Gunung Sanggar yang terletak di kawasan yang sama dengan Gunung Rinjani memang masih kalah populer. Sebaliknya, keindahan alam Gunung Sanggar yang belum terjamah menjadi salah satu daya tarik utamanya.

0 Komentar