Sejarah Tteobokki, Kue Beras Pedas Khas Korea Selatan yang Sudah Ada Sejak Dinasti Joseon

Tteobokki
Tteobokki kue beras khas korea selatan foto : @tteobokki-rakcer.id
0 Komentar

Selama dua dekade terakhir, ada upaya untuk mengubah tteokbokki dari makanan jalanan sederhana menjadi waralaba makanan. Ini terutama karena permintaan besar orang Korea akan tteokbokki.

Bersamaan dengan itu, budaya pop Korea menjadi lebih dikenal secara umum di seluruh dunia, di mana ia menarik popularitas dari berbagai aspek kehidupan yang menyertainya, seperti makanan.

Tteokbokki diterima secara luas karena rasanya yang menarik bagi berbagai selera.

Baca Juga:Dijamin Halal, Ini 7 Makanan Korea Halal yang Wajib Kamu Coba Saat ke Korea SelatanIni 5 Fakta Menarik Jajangmyeon, Mirip Mie Ayam dengan Saus Hitam Pekat

Melihat hal tersebut, pemerintah Korea Selatan bahkan telah mendirikan “Laboratorium Tteokbokki” sejak tahun 2009, dengan tujuan agar makanan ringan ini menjadi produk global.

Untuk itu dilakukan riset pasar, dengan tujuan merancang saus, jenis lontong, dan cara memasak yang sesuai dengan preferensi daerah lain.

Selain itu, sebutan “Topokki” secara resmi diberikan kepada lembaga ini agar tampak lebih menarik bagi pasar dunia.

Saat ini, kebanyakan tteokbokki dibuat dengan tepung, namun setelah upaya pemerintah ini, muncul dorongan untuk menggunakan nasi, karena dianggap lebih sehat daripada tepung dan juga lebih khas Korea.

Demam tteokbokki juga merajalela di Indonesia, di mana sebagian besar restoran Korea memasukkannya ke dalam menu inti yang wajib dicoba.

Tteobokki di masa kini

Sekarang, Tteokbokki adalah untuk semua orang. Bahkan menjadi kuliner internasional yang didatangkan dari Korea.

Tteokbokki juga dikenal sebagai “topokki”. Nama “topokki” digunakan sebagai sebutan internasional untuk camilan pedas ini.

Baca Juga:Mengenal Bibimbap, Nasi Campur Korea Selatan yang Mirip Nasi Pecel Indonesia 20235 Makanan Viral Korea yang Populer di Indonesia, Nomor 4 Paling Banyak diCari

Variasi makanan ini pun beragam, mulai dari haemul tteokbokki (tteokbokki yang terbuat dari makanan laut); gungjung tteokbokki atau ganjang tteokbokki (dibumbui dengan gangjang atau kecap), tteokbokki keju, dan tteok kkochi (tteokbokki disajikan dengan tusuk sate bambu).

Varian terakhir bisa ditemukan di banyak gerai street food di Seoul dan sekitarnya.

Demikian ulasan mengenai tteobokki kue beras khas korea selatan. (*)

0 Komentar