Jane Birkin Meninggal Dunia di Usia 76 Tahun, Pernah Jadi Inspirasi Tas Mahal

Jane Birkin
Jane Birkin Meninggal Dunia di Usia 76 Tahun dan Pernah Jadi Inspirasi Tas Hermes. FOTO: pinterest.com/RAKCER.ID
0 Komentar

RAKCER.ID – Penyanyi dan aktris Inggris terkenal di Prancis, Jane Birkin, meninggal dunia pada usia 76 tahun di Paris, Prancis, pada Minggu (16/7/2023). Meskipun lahir di London, Birkin pindah ke Paris ketika usianya 20 tahun untuk berakting dalam film berjudul “Slogan”.

Selain karir seninya, Jane Birkin juga menjadi inspirasi di balik tas tangan Hermès yang terkenal, yang dikenal sebagai salah satu tas paling eksklusif di dunia.

Presiden Prancis Emmanuel Macron menggambarkan Jane Birkin sebagai “ikon Prancis” dan “artis serba bisa”. Perdana Menteri Prancis, Elisabeth Borne, juga memberikan penghormatan terakhir, mengatakan bahwa melalui musik dan bakatnya, Birkin melampaui generasi. Duta Besar Inggris untuk Prancis, Menna Rawlings, menyebut Birkin sebagai seniman Inggris yang “paling Prancis”.

Baca Juga:Presiden akan Lantik Menkominfo Baru, Siapa yang Jadi Menkominfonya?Perempuan Indonesia Turut Andil dalam Piala Dunia Wanita 2023 di Australia, Bikin Geger!

Jane Birkin sebelumnya dirawat karena leukemia pada akhir 1990-an dan mengalami stroke pada September 2021. Selama hidupnya, dia dikenal karena hubungan pribadi dan artistiknya dengan penulis lagu Serge Gainsbourg, yang menginspirasi generasi fashionista pada akhir 1960-an dan 1970-an.

Meskipun dilahirkan di London, Birkin meraih ketenaran setelah menyanyi dalam bahasa Prancis. Dia pindah ke Prancis pada tahun 1970-an. Duetnya dengan Gainsbourg, terutama lagu mereka yang terkenal berjudul “Je t’aime… moi non plus”, membuatnya dikenal secara internasional.

Setelah berakhirnya hubungan dengan Gainsbourg pada tahun 1981, Jane Birkin melanjutkan karirnya di bidang akting dan musik.

Jane Birkin merilis beberapa album, termasuk “Baby Alone in Babylone” pada tahun 1983 dan “Amour des Feintes” pada tahun 1990. Sebagai seorang aktris, Birkin tampil dalam sekitar 70 film, termasuk “Blow-Up” (1966), “Death on the Nile” (1978), dan “Evil Under the Sun” (1982).

Sebelum pindah ke Prancis dan bertemu dengan Serge Gainsbourg, Jane Birkin sebelumnya menikah dengan komposer Inggris John Barry hingga akhir 1960-an.

Mereka memiliki seorang putri bernama Kate Barry, yang bekerja sebagai fotografer mode untuk Vogue dan meninggal dunia pada tahun 2013 dalam usia 46 tahun.

Jane Birkin memiliki seorang putri lain, yaitu musisi, model, dan aktris Lou Doillon, dari hubungannya dengan sutradara film Prancis Jacques Doillon.

0 Komentar