Semarak Meriahkan Hari Kemerdekaan ! Ini 4 Manfaat Untuk Anak Yang Mengikuti Lomba Tujuh Belasan

Semarak Meriahkan Hari Kemerdekaan ! Ini 4 Manfaat Untuk Anak Yang Mengikuti Lomba Tujuh Belasan
Semarak Meriahkan Hari Kemerdekaan ! Ini 4 Manfaat Untuk Anak Yang Mengikuti Lomba Tujuh Belasan. Foto: Pinterest - RAKCER.ID
0 Komentar

Hal yang Perlu Diperhatikan Orang Tua

Sebelum mendaftarkan anak ikut dalam sebuah perlombaan, sebaiknya orang tua juga memperhatikan hal-hal berikut:

  1. Kenali karakter anak

Pikirkan apakah anak percaya diri untuk tampil di depan umum, atau ia adalah anak yang pemalu dan akan gugup ketika mengikuti lomba.

  1. Pilih lomba yang sesuai

Pastikan untuk memilih lomba yang sesuai untuk usia dan kemampuan anak. Dengan demikian, anak akan lebih percaya diri dan menikmati mengikuti lomba tersebut.

Baca Juga:Menarik Nih, Yuk Intip 5 Vespa Matic Termahal di Dunia Bahkan Ada Yang Harganya Sampai 1 Miliar !Ternyata Ini Tipe Vespa Matic Paling Murah Tahun 2023

  1. Beri pemahaman

Jelaskan kepada si kecil mengenai peraturan lomba, durasinya, dan perlengkapan yang dibutuhkan. Memberi pemahaman dasar mengenai lomba dapat mencegah anak merasa takut atau gugup.

  1. Mendukung penuh tanpa menuntut

Dukungan yang penuh dari orang tua akan sangat membantu anak untuk lebih percaya diri. Selain itu, berikan pengertian bahwa lomba ini bertujuan untuk memberi pengalaman dan melihat kemampuan dirinya sendiri. Bukan semata-mata hanya untuk meraih kemenangan.

  1. Hindari membandingkan dengan anak lain

Pastikan untuk tidak membandingkan anak dengan anak lainnya untuk memicu jiwa kompetitifnya. Sebab, ibu dapat mencoba cara yang lebih efektif, yaitu memotivasi anak dengan cara memberi penghargaan dan pengakuan atas upaya terbaiknya.

  1. Bimbing anak ketika menang atau kalah

Setiap anak tentunya akan memiliki sikap berbeda terkait hasil lomba. Sebagai contoh, ada anak yang sombong ketika menang, sehingga orang tua perlu memberi pemahaman agar tidak sombong dan tetap mau mengembangkan kemampuannya.

Itulah beberapa manfaat dari mengikuti perlombaan bagi anak. Mulai dari membantu menstimulasi kecerdasan dan motorik anak hingga mempererat hubungan anak dan orang tua. (*)

0 Komentar