Mitos dan Legenda Putri Gayatri Di Kawasan Wisata Alas Purwo Banyuwangi

Alas Purwo Banyuwangi
Legenda dan mitos yang menyeliputi wisata Alas Purwo. Foto: Pinterest/rakcer.id
0 Komentar

BANYUWANGI, RAKCER.ID – Alas Purwo Banyuwangi yang kini telah menjadi Taman Nasional Alas Purwo (TN Alas Purwo), adalah situs purbakala di Indonesia.

Secara geografis, Alas Purwo terletak di ujung Timur Pulau Jawa, di wilayah pantai Selatan. Kawasan Alas Purwo berada tepat di Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Selain keindahan alam yang menakjubkan, Alas Purwo Banyuwangi juga memiliki kesan mitos kuat, yang menjadikannya dikenal sebagai tempat angker. Di Alas Purwo, terdapat berbagai hal menarik dan unik yang menambah daya tariknya sebagai taman nasional.

Baca Juga:Objek Wisata Alas Purwo yang Melegenda, Segini Harga Tiket Masuknya!Contoh Teks Pidato Kemerdekaan dan Kebudayaan: Panggilan bagi Generasi Penerus Bangsa

Berikut Mitos dan Legenda Putri Gayatri Di Alas Purwo Banyuwangi

Sejarah

Alas Purwo Banyuwangi telah ada sejak zaman penjajahan Belanda dan menjadi hutan tertua di Pulau Jawa. Pada masa kolonial, hutan ini dijadikan kawasan suaka margasatwa. Pada 26 Februari 1992, pemerintah Indonesia mengubah statusnya menjadi Taman Nasional Alas Purwo melalui Surat Keputusan Menteri Kehutanan No.283/Kpts-11/1992.

Selain sebagai kawasan suaka margasatwa dan taman nasional, Alas Purwo juga memiliki peran sejarah sebagai tempat berkumpulnya para raja Jawa.

Raja-raja Jawa dulu sering berkumpul di hutan ini untuk membicarakan pemerintahan di Jawa. Beberapa di antaranya juga bersemedi di hutan Alas ini, seperti Prabu Siliwangi dari Kerajaan Pajajaran yang melakukan tapa atau bermeditasi di Sendang Alas Purwo, di bawah pohon besar, untuk mencari wangsit dan kesaktian.

Mitos dan Legenda Putri Gayatri

Kisah legenda Gayatri di Banyuwangi memang menimbulkan pertanyaan dan misteri di kalangan publik. Banyak warga setempat yang meyakini sosok Gayatri seb

agai penunggu Alas Purwo Banyuwangi, seorang perempuan gaib dengan paras cantik. Keyakinan ini telah turun temurun dari para leluhur di wilayah tersebut.

Namun, penting untuk dicatat bahwa keberadaan Gayatri sebagai penunggu Alas Purwo merupakan bagian dari cerita dan kepercayaan masyarakat setempat.

Misteri seputar sosok ini termasuk legenda, dan kebenarannya sulit untuk diuji secara ilmiah. Hutan Alas Purwo sendiri telah lama memiliki daya tarik misterius sebagai hutan paling angker di Pulau Jawa, sehingga legenda tentang Gayatri menjadi salah satu bagian dari tradisi dan cerita di daerah tersebut.

0 Komentar