Objek Wisata Alas Purwo yang Melegenda, Segini Harga Tiket Masuknya!

Alas Purwo
Wisata Kawasan Alas Purwo, Banyuwangi. Foto: Pinterset/rakcer.id
0 Komentar

BANYUWANGI, RAKCER.ID – Objek Wisata Alas Purwo di Indonesia merupakan pilihan menarik karena pesonanya dan cerita-cerita di baliknya.

Terletak di timur pulau Jawa, taman nasional ini menyediakan beragam flora dan fauna dengan luas 43.320 hektar, termasuk padang rumput, hutan pantai, hutan bakau, hutan bambu, dan hutan tanaman.

Nama “Alas Purwo” dalam bahasa Jawa memiliki makna “hutan permulaan,” yang beberapa orang percaya sebagai tempat pertama dan tertua di Jawa, bahkan ada yang menganggapnya sebagai situs penciptaan di bumi.

Baca Juga:Contoh Teks Pidato Kemerdekaan dan Kebudayaan: Panggilan bagi Generasi Penerus BangsaContoh Teks Pidato HUT RI! Semangat Kemerdekaan: Panggilan untuk Terus Berjuang

Lokal percaya hutan ini sebagai tempat bersemayamnya jin di wilayah Jawa, sehingga banyak aktivitas ghaib seperti bertapa dan berdoa dilakukan oleh orang-orang di sana.

Kisah menarik lainnya adalah objek wisata Alas Purwo menjadi tempat pelarian rakyat Majapahit saat agama Islam menyebar, dan ini menyebabkan orang-orang Hindu Bali mengunjungi Pura di dalam hutan selama ratusan tahun terakhir.

Semua cerita ini menambah daya tarik dan keunikannya sebagai taman nasional yang kaya akan sejarah dan budaya.

Objek Wisata Alas Purwo Banyuwangi yang Melegenda

Lokasi dan Rute

Hutan tersebut berada di dua Kecamatan, yaitu Tegaldlimo dan Kalipuro, dan terletak di perlintasan jalur antara Kabupaten Banyuwangi dan Situbondo.

Taman Nasional ini mencakup ketinggian hingga 322 meter di atas permukaan laut dan memiliki enam kawasan ekosistem yang menarik, seperti hutan bambu, hutan pantai, hutan mangrove, hutan alam, dan hutan tanaman hingga padang rumput.

Untuk mencapai lokasi tersebut, pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Akses jalan ke taman nasional ini sudah lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, sehingga perjalanan menuju ke sana menjadi menyenangkan dengan pemandangan indah di sepanjang perjalanan.

Untuk pengunjung dari Banyuwangi, jalur yang dapat digunakan adalah Banyuwangi-Rogojampi-Srono-Muncar-Tegaldlimo.

Setelah sampai di Tegaldlimo, pengunjung perlu menempuh perjalanan sekitar 10 km untuk mencapai pos Rawabendo yang merupakan gerbang utama menuju taman ini.

Baca Juga:Tutorial Kreatif ! Mengubah Sepeda Biasa Menjadi Sepeda Hias Berbentuk MenaraAuto Menang! Cara Membuat Sepeda Hias Berbentuk Pesawat Dengan Mudah

Perjalanan dari kota Banyuwangi menggunakan kendaraan bermotor memerlukan waktu sekitar 2 jam menuju hutan tersebut.

Alternatifnya, pengunjung dari Jember dapat menuju ke Genteng dengan jarak perjalanan sekitar 65 km. Selanjutnya, perjalanan dilanjutkan menuju Tegaldlimo melalui arah Srono, Cluring, atau Jajag. Untuk berkunjung ke Alas Purwo, sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi.

0 Komentar