Merdukan Semangat Kemerdekaan: Teks Lagu 17 Agustus yang Menggetarkan Hati

teks lagu 17 agustus
makna serta sejarah yang terkandung dalam teks lagu 17 agustus. FOTO: @benderaIndonesia / RAKCER.ID
0 Komentar

Mutahar menulis lagu Hari Merdeka untuk mengungkapkan rasa syukur atas kemerdekaan Indonesia. Yang pada saat itu, Mutahar menjabat sebagai asisten Presiden Soekarno dengan pangkat mayor di angkatan darat.

Sebelum Soekarno diasingkan ke Sumatera, pasca serangan Belanda yang melumpuhkan Yogyakarta pada tahun 1948, Mutahar menyelamatkan bendera merah putih yang pertama kali dikibarkan saat Indonesia memproklamasikan kemerdekaan, yang dikenal dengan bendera Pusaka.

Saat itu, negara Indonesia sedang dalam masa kritis. Kemudian Soekarno memanggil Mutahar di pagi hari dan memintanya untuk membuat lagu penghormatan.

Baca Juga:Daftar Harga Kain Gorden: Pilih Kain yang Cocok untuk Dekorasi RuanganGorden Terbaru 2023: Sentuhan Elegan Untuk Interior yang Lebih Indah

Mutahar menulis lirik lagu tersebut pada 17 Agustus 1945 saat menginap di Hotel Garuda di Yogyakarta. Kepiawaian komposisi Mutahar dipuji oleh Soekarno pada upacara 17 Agustus 1946.

Teks lagu 17 Agustus yang penuh dengan makna kemerdekaan hendaknya kita lestarikan sebagai penghormatan dan rasa syukur kita akan kemerdekaan bangsa Indonesia. (*)

Simak berita dan artikel menarik lainnya di Google News

0 Komentar