Ternyata Ini Alasan Nasi Tumpeng yang Identik Dengan Perayaan Besar dan Salah satunya Hari Kemerdekaan 17 Agustus!!

Alasan Nasi Tumpeng yang Identik Dengan Perayaan Besar dan Salah satunya Hari Kemerdekaan 17 Agustus
Ternyata ini loh, alasannay kenapa nasi tumpeng selalu ada dalam setiap acara atau sebuh perayaan besar dan salah satunya perayaan 17 agustus. FOTO:@TUMPENG/RAKCER.ID
0 Komentar

CIREBON, RAKCER.ID – Tahukah kamu apa alasannya nasi tumpeng selalu identik dengan sebuah perayaan Ternyata ini alasan nasi tumpeng yang identik dengan perayaan besar dan salah satunya hari Kemerdekaan 17 Agustus.

Tanggal 17 Agustus diperingati sebagai hari terpenting dalam sejarah Indonesia. Hal ini dikarenakan tanggal 17 Agustus merupakan hari kemerdekaan Indonesia.

Pada tanggal 17 Agustus 1945, Presiden Pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno, dan Wakil Presiden Pertama Republik Indonesia, Drs. Moh. Hatta, mendeklarasikan kemerdekaan Indonesia dari penjajah dengan membacakan teks proklamasi indonesia.

Baca Juga:HOT PROMO!! Promo Makanan Khusus HUT RI ke78 17 Agustus 2023, Yuk Langsung Cek!Rekomendasi Games 17 Agustus yang Unik dan Menarik !!

Ada begitu banyak kompetisi unik dan inovatif yang diikuti oleh individu dari segala usia, termasuk remaja dan lansia.

Berbagai macam perlombaan yang rutin diadakan dalam memperingati HUT RI ke 78, seperti lomba makan kerupuk, lomba menyanyi, lomba memancing, lomba karung, dan lomba panjat pinang.

Tidak hanya itu, ada lomba lain yang diunggulkan oleh tim putri khususnya yaitu lomba menghias dan membuat tumpeng.

Nasi tumpeng adalah nasi kuning yang disajikan sebagai manisan di atas nampan atau baki dengan lauk pauk seperti ayam, telur, tempe, sayur dan lain-lain. Nasi tumpeng dihubungkan dengan simbolisme peristiwa.

Biasanya, nasi tumpeng disajikan dengan berbagai lauk pauk di atas tampah anyaman bambu atau wadah datar. Makanan ini juga bisa dihias dengan berbagai macam bentuk dan lauk pauk.

Lalu, kenapa nasi tumpeng ini di identikan dengan sebuah perayaan dan salah satunya 17 agustus? Simak selengkapnya dalam artikel alasan nasi tumpeng yang identik dengan perayaan besar dan salah satunya hari kemerdekaan 17 Agustus dibawah ini!

Alasan Nasi Tumpeng yang Identik Dengan Perayaan Besar dan Salah satunya Hari Kemerdekaan 17 Agustus

1. Lambang acara perayaan dan ungkapan terima kasih

Nasi tumpeng sering disuguhkan dalam berbagai acara hajatan sebagai wujud rasa syukur seseorang atas sesuatu. Jadi, Nasi Tumpeng kerap digunakan untuk mengungkapkan rasa syukur atas kemerdekaan seseorang.

Baca Juga:Dijamin Sponsor Langsung! Contoh Proposal Pdf Lengkap untuk 17 Agustus9 Ide Menghias Kelas 17 Agustus yang Unik dan Sangat Kreatif

Rakyat Indonesia secara tradisional mendambakan keselamatan dan kemakmuran selama perayaan kemerdekaan mereka. Konsep syukur ini biasanya dikaitkan dengan Tuhan atas rahmat yang telah diberikan kepada kita.

0 Komentar