MENAKJUBKAN! Desa Adat Wae Rebo Tertinggi di Indonesia, Dihuni Hanya 7 Rumah, Simak Sejarah Lengkapnya

MENAKJUBKAN! Desa Adat Wae Rebo Tertinggi di Indonesia, Dihuni Hanya 7 Rumah, Ini Sejarah Lengkapnya
foto rumah adat desa Waerebo, Desa tertinggi di Indonesia. foto: pinterest
0 Komentar

Soal arsitektur rumah adat Desa adat Wae Rebo tertinggi di Indonesia memang menonjol menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Bentuknya berupa lumbung kerucut dan hanya berjumlah tujuh buah saja.

Konon bentuknya mengadopsi rumah gadang yang bisa dijumpai ditanah Minang.
Memiliki lima lantai dengan tinggi sekitar 15 meter. Di tiap bagiannya memiliki fungsi yang bermacam-macam untuk kebutuhan rumah tangga keluarga yang mendiaminya.

Rumah ini juga memiliki nama lain yaitu rumah bundar. Sedikit tidak cocok karna bertuknya yang mengerucut. Rumah ini memiliki diameter dan ketinggian yang sama dan bisa ditinggali 6-8 keluarga.

Baca Juga:11 Contoh Motif Gorden sebagai Gaya Dekorasi Ruangan yang UnikPengaruh Perkembangan Fashion di Kalangan Remaja yang Bisa Mengubah Gaya Hidup!

”Rumah adat (Mbaru Niang) di Wae Rebo ada tujuh buah. Masing-masing rumah terdiri atas lima tingkat. Tingkat pertama adalah tempat tinggal anggota keluarga;

tingkat kedua adalah tempat menyimpan makanan sehari-hari; tingkat ketiga adalah tempat penyimpanan makanan cadangan; tingkat keempat merupakan tempat menyimpan benih dan; tingkat kelima untuk menyimpan piring guna memberi makan leluhur.

“Piring ini hanya dikeluarkan saat upacara khusus di pertengahan November ” imbuhnya.(*)

0 Komentar