5 Tips Baterai Hp Android Awet, Simak Caranya Disini!

Tips Baterai Hp Android Awet
Ada beberapa tips agar baterai ponsel android anda awet dan bertahan lama. FOTO:@BATERAI/RAKCER.ID
0 Komentar

CIREBON, RAKCER.ID – Artikel ini akan memberikan tips baterai hp android awet tanpa ngecas! Tanpa berlama lama lagi langsung saja simak tipsnya dibawah ini!

Masalah yang sering dialami oleh pengguna smartphone adalah baterai yang bocor. Alhasil, HP harus sering di-charge dan memakan waktu lama.

Bagi pemilik HP Android, ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan agar baterainya awet berjam-jam. Anda tidak perlu mengisi daya ponsel Anda terus-menerus.

Baca Juga:Pengertian Flashdisk Serta Kelebihan dan Kekurangannya!!Rilis Akhir Tahun 2023!! Nokia Zeno Pro Max 2023 Ponsel Terbaik dengan Kamera 108 MP!!

Simak Tips Baterai Hp Android Awet

1. Nonaktifkan Tampilan Selalu Aktif.

Layar mengkonsumsi daya paling besar, termasuk penggunaan layar ‘selalu aktif’, yaitu fitur yang menampilkan informasi bahkan tanpa membangunkan ponsel. Fitur ini menghabiskan 1,5% baterai setiap jamnya.

Untuk menghemat baterai, sebaiknya nonaktifkan saja opsi ini. Caranya masuk ke Settings > Display and Brightness dan nonaktifkan ‘always on’.

2. Aktifkan Kecerahan Adaptif.

Pengaturan ini juga akan memperpanjang umur baterai. Kewin Charron dari BackMarket menyoroti bahwa menurunkan kecerahan hingga 50% dapat membantu Anda menghemat masa pakai baterai.

Dia juga memperingatkan agar tidak memaksakan diri untuk melihat layar dalam kondisi cahaya redup.

Untuk mengubah kecerahan, klik Pengaturan > Tampilan dan pilih Kecerahan Layar Otomatis atau Kecerahan Adaptif.

3. Ganti GPS dengan WiFi

Wifi dan Bluetooth dapat digunakan sebagai pengganti GPS. Jadi jangan mengandalkan GPS yang dianggap lebih menguras baterai.

Selain itu, Anda dapat mengaktifkan mode Hemat Baterai, yang menyebabkan ponsel secara otomatis beralih ke mode gelap. Solusinya adalah navigasikan ke Pengaturan > Baterai > Penghemat Baterai.

Baca Juga:Benarkah Google Translate Bakal Ditutup? Simak Selengkapnya Disini!Nokia Arson Max 2023 Ponsel Canggih yang Memiliki Kamera 108MP Serta RAM 16GB dengan Harga Rp 4 Juta!!

4. Gunakan Baterai Adaptif

Jumlah aplikasi yang berjalan di latar belakang berdampak pada masa pakai baterai. Mematikan aplikasi yang jarang digunakan adalah sebuah praktik yang cerdas.

Selain itu, mengaktifkan baterai adaptif membantu mengoptimalkan kinerja baterai berdasarkan perilaku penggunaan ponsel cerdas dan aplikasi. Untuk mengaktifkannya, navigasikan ke Pengaturan> Baterai> Baterai Adaptif.

5. Baterai tidak habis atau diisi daya secara berlebihan

Membiarkan baterai ponsel habis hingga ponsel mati atau berhenti mengisi daya juga tidak baik. Hal ini akan mengakibatkan penurunan masa pakai baterai dengan cepat.

0 Komentar