Inovatif ! 5 Karoseri Pembuat Bodi Bus Double Decker di Tanah Air Indonesia

Inovatif ! 5 Karoseri Pembuat Bodi Bus Double Decker di Tanah Air Indonesia
Bus Double Decker Agra Mas Berbodi Jetbus 2+ SDD Buatan Karoseri Adi Putro/RAKVER.ID
0 Komentar

CIREBON, RAKCER,ID – Karoseri pembuat bodi bus di Indonesia selalu membuat inovasi terbaru untuk kebutuhan para operator bus di Indonesia. Bus double decker merupakan salah satu dari berbagai varian atau model bus di Indonesia.

Bus dengan model double decker sendiri jumlah beratnya harus sesuai dengan berat yang diperbolehkan (JBB) 21.000 kilogram hingga 24.000 kilogram sesuai dengan PP 55 Tahun 2012 pasal 5 ayat 3.

Oleh karena hal tersebut sasis yang digunakan bus double decker harus menggunakan tipe triple axle atau biasa disebut dengan sasis tronton.

Baca Juga:PO Travelink Trans Merilis Unit Bus Baru Ex Pameran GIIAS 202316 Teknik Pengambilan Gambar dalam Fotografi

Selain itu infrastruktur saat ini cocok untuk perjalanan menggunakan bus double decker. Berikut ini adalah karoseri yang sudah membuat bus double decker di Indonesia.

Karoseri Pembuat Bus Double Decker (Bus Tingkat)

1. Adi Putro

Karoseri Adi Putro merupakan karoseri yang berasal dari Malang, Jawa Timur. Karoseri asal Malang ini dapat dikatakan sebagai pelopor bus dengan model double decker.

Sudah banyak perusahaan otobus (PO) yang mempercayakan pembuataan bodi bus tingkat dari Karoseri Adi Putro.

Pada awal mulanya Karoseri Adi Putro meluncurkan armada double decker pertamanya dengan tipe Jetbus 2+ SDD pada tahun 2016.

Kemudian seiring berjalannya waktu Adi Putro melakukan pembaharauan pada bus double deckernya yang diberi nama Jetbus 3+ SDD.

Namun, kini Adi Putro kembali melakukan pembaharuan pada pameran GIIAS 2023 ini tepatnya tanggal 10-20 Agustus 2023 lalu dengan tipe Jetbus 5 SDD, yang tentunya mempunyai tampilan yang lebih elegan.

Setiap bus tingkat harus menggunakan sasis dengan tipe triple axle apapun merknya Merecedes Benz, Scania, MAN, atau pun Volvo.

Baca Juga:5 Destinasi Wisata Terpopuler di Indonesia Bahkan Sudah dikenal Mancanegara, Pemandangan Alam yang IndahUnik ! 5 Tradisi dan Budaya Masyarakat Cirebon

2. Laksana

Karoseri Laksana memperkenalkan bodi bus double decker pertamanya pada GIIAS 2018 dengan tipe SR2 Double Decker. Bus ini memiliki tinggi 4 meter, lebar 2,5 meter dan Panjang 13,5 meter.

Karoseri Laksana telah mengeskspor tipe bus ini ke Bangladesh sebanyak 10 unit, namun dimensi panjangnya lebih panjang diabanding yang operasikan di Indonesia.

Pada tahun ini di acara GIIAS 2023 Karoseri Laksana kembali memeperkenalkan tipe bus terbarunya yakni SR3 Double Decker dengan terdapat perubahan dari tipe sebelumnya.

0 Komentar