Sistem Operasi HarmonyOS 4.0 Segera Rilis, Ternyata Ini Keistimewaannya

Sistem Operasi HarmonyOS 4.0 Segera Rilis, Ternyata Ini Keistimewaannya
Sistem Operasi HarmonyOS 4.0 Segera Rilis. Foto: Pinterest - RAKCER.ID
0 Komentar

Dapat Berjalan Lebih Stabil

Salah satu tujuan Huawei dalam menciptakan HarmonyOS adalah mereka ingin menciptakan sistem operasi yang benar-benar berbeda dengan Android dan iOS.

Salah satu cara mereka untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan menawarkan pengalaman yang lebih mulus daripada para pesaingnya.

Berbeda dengan Android dan iOS yang berbasis monolithic kernel, HarmonyOS adalah sistem operasi berbasis microkernel.

Baca Juga:Masih Dalam Proses, Canon EOS R1 Akan Menjadi Kamera Paling Premium Dari CanonOppo Watch 4 Pro dan Watch SE Resmi Diluncurkan

Apa sih perbedaannya? Pada monolithic kernel semua layanan sistem operasi dijalankan di ruang khusus kernel yang sama.

Meski membuat performanya baik, semua komponen akan menjadi saling bergantung. Terlebih lagi, ia memiliki code yang sangat banyak.

Sementara itu, microkernel yang digunakan HarmonyOS memiliki pendekatan yang lebih minimalis. Ruang khusus kernel yang tidak telalu penuh akan membuat sistem operasi berjalan lebih stabil.

Unggul di Bidang Efisiensi dan Keamanan

Apabila dibandingkan dengan Android, Huawei mengklaim bahwa HarmonyOS dapat membuat pekerjaan kamu lebih efisien.

Pasalnya, kemampuan multi-platform yang dimiliki mereka memungkinkan kamu untuk menjalankan aplikasi yang sama di perangkat yang berbeda. Dengan begitu, kamu akan memiliki ekosistem di mana perangkat kamu akan saling terhubung, seperti yang sudah disebutkan di atas.

Selain itu, berbeda dengan Android, HarmonyOS tidak memiliki akses no root yang membuatnya lebih aman. Jenis microkernel yang mereka gunakan pun tak hanya membuat perangkat mereka lebih stabil karena kernel tersebut juga menawarkan privasi dan keamanan yang lebih unggul.

Kapan HarmonyOS 4.0 Dirilis?

Sejak perilisan pertamanya di 2019, sistem operasi HarmonyOS telah merilis berbagai versi pembaruan termasuk HarmonyOS 2.0 di tahun 2020 dan HarmonyOS 3.0 di tahun 2022.

Baca Juga:Resmi Rilis ! ASRock Industrial Mini PC dengan AMD Ryzen 7040U SeriesSpesifikasi Xiaomi 13 T dan Xiaomi 13T Pro Siap Jadi Andalan

Tentunya, setiap pembaruan tersebut membawa teknologi baru, baik dari segi performa ataupun fitur-fitur tambahan lainnya.

Belum lama ini, Huawei mengumumkan bahwa mereka akan merilis HarmonyOS 4.0 pada musim gugur tahun 2023.

Hanya saja, dalam presentasinya tersebut mereka hanya menjelaskan fitur-fitur baru yang berkaitan untuk industri mobil.

Harapannya, HarmonyOS 4.0 dapat mencapai zona multi-person, multi-device, multi-layar, dan multi-audio dalam sistem mobil. Apa sih maksudnya?

Secara sederhana, sistem operasi tersebut akan memungkinkan kontrol sistem mobil secara bersamaan dari banyak orang dan banyak perangkat. Menarik sekali bukan?

0 Komentar