Burung Jakana Afrika Sang Ayah yang Cinta dan Bertanggung Jawab Dengan 1 sampai 4 Anaknya

Burung Jakana Afrika Sang Ayah yang Cinta dan Bertanggung Jawab Dengan 1 sampai 4 Anaknya
Burung Jakana Afrika adalah burung air yang biasanya hidup di lahan sekitar perairan. Foto : pinterest RAKCER. ID
0 Komentar

Burung jakana ini akan mengeluarkan telur yang berjumblah 2 sampai 4 butir dan berwarna coklat mengkilap dan biasanya sarang burung ini tersamar dengan tumpukan tumbuhan air yang sudah mati.

Perbedaan jantan dan betina adalah ukuran tubuh sang jantan biasanya lebih kecil dari sang betina itu sendiri dan proses mengerami atau inkubasi dari burung ini yaitu sekitar satu bulan, apabila telur tersebut tidak erami maka akan di mangsa oleh berang – berang dan tikus besar.

Sang Ayah yang cinta dan Bertanggung Jawab Dengan Anaknya

Setelah kurang lebih satu bulan telur burung jakana afrika akan memetas dan dihari pertamanya didunia biasanya anak burung jakana ini akan mematuk matuk tumbuhan air dan kemudian burung jakana jantan akan menggiring anaknya keluar dari sarang.

Baca Juga:5 Makanan Khas Indonesia yang Mendunia Bahkan Ada Tempe yang Harganya MahalWow Bukan Keju dari Luar Negeri, 5 Keju Lokal Asli Indonesia

Dalam beberapa jam pertamanya anak Burung jakana akan belajar berenang dan berjalan sang burung jakana jantan pun akan mengajari anak – anaknya dengan sabar,anak burung jakanan ini akan senantiasa mengikuti ayahnya kemana saja dalam waktu 70 hari kedepan.

Ada yang unik dari burung jakana jantan ini yaitu ketika burung jakana ingin pindah dari satu tempat ke tempat lainya burung jakana jantan akan mengendong anak nya di celah sayap dan langsung membawa anak – anaknya pindah.

Hal ini sangat menarik seakan akan orang melihat burung jakana ini memiliki kaki yang banyak padahal burung ini hanya mempunyai dua kaki saja hal ini berguna agar anak – anak nya terlindungi dari segala predatoryang menyerang ‘’ sungguh ayah yang bertanggung jawab’’.

Ada beberapa kasus anak burung jakana ini terpisah dari induk jantan nya dan anak burung jakana ini dikejar oleh burung pemangsa dan anak burung jakana berlari dengan cepat sesudah itu terdesak dang langsung menceburkan diri dengan menyisakan paruhnya saja untuk nafas.

Seperti yang sudah diajarkan sang burung jakana Afrika jantan kepada anak – anaknya agar terlindungi dari sang pemangsa.

0 Komentar