TERBARU !! Inilah Rute Ziarah 3 Makam Wali Songo di Jawa Tengah dari Rute Jakarta

Rute Ziarah 3 Makam Wali Songo di Jawa Tengah dari Rute Jakarta
Tiga makam Walisongo di Jawa Tengah kerap dikunjungi. Sunan Kalijaga, Sunan Kudus, dan Sunan Muria adalah nama ketiga walisongo tersebut. foto:@rutemakamwalisongo/rakcer.id
0 Komentar

JAKARTA, RAKCER.ID – Kali ini kami akan membahas rute ziarah 3 makam wali songo di Jawa tengah dari rute Jakarta sampai tiba dilokasi tujuan.

Pemakaman Walisongo dapat ditemukan di seluruh Indonesia, antara lain di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Sebagai bagian dari ziarah mereka, banyak umat Islam mengunjungi makam wali songo.

Tiga makam Walisongo di Jawa Tengah kerap dikunjungi. Sunan Kalijaga, Sunan Kudus, dan Sunan Muria adalah nama ketiga walisongo tersebut.

Baca Juga:Contoh Banner Ziarah Wali Songo yang Menarik dengan Nuansa KeislamanInilah 9 Urutan Wali Songo Beserta Nama Aslinya dan Biografinya

Ketiga walisongo tersebut dimakamkan di lokasi terpisah. Sunan Kalijaga dimakamkan di Kadilangu Kabupaten Demak. Masjid Agung Demak berjarak sekitar 2 kilometer.

Sunan Kudus dimakamkan di belakang Masjid Menara Kudus di Kabupaten Kudus. Sedangkan makam Sunan Muria terletak di Bukit Muria di Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus.

Makam tiga walisongo di Jawa Tengah bisa dikunjungi kapan saja. Biasanya menjelang Ramadhan, banyak peziarah yang turun ke tempat makam para walisongo, termasuk ketiga wali tersebut.

Rute Ziarah 3 Makam Wali Songo di Jawa Tengah dari Rute Jakarta

Jika Anda Berangkat dari Jakarta, ambil jalur Pantai Utara (Pantura). Agar lebih mudah, pilihlah rute berikut yang akan membawa Anda langsung ke lokasi.

Dari Jakarta Pusat> Jakarta Timur > Bekasi > Cikarang > Kab. Bekasi > Cikampek > Subang > Cirebon > Kota Semarang > Jawa Tengah, Makam Sunan Kalijaga Demak > Makam Sunan Kudus > Makam Sunan Muria (Raden Umar Said). Perjalanan ini akan memakan waktu sekitar 7 jam 30 menit lamanya.

Etiket Ziarah Kubur

Menurut NU Online, kesopanan sangat penting saat menunaikan ibadah haji Walisongo. Karya Syekh Nawawi Al-Bantani Nihayatuz Zain setidaknya memuat tujuh etika mengunjungi kuburan.

  1. Jagalah tingkah lakumu ketika dikuburkan
  2. Menyapa dengan “Assalamu alaika dara qaumi mu’minin, wa inna insyaallahu bikum lahiqun”;
  3. Menyapa dengan menyebutkan nama almarhum;
  4. Jangan duduk di atas kubur;
  5. Menampilkan hati;
  6. Berdoa dan membaca Alquran
  7. Perhatikan keadaan orang dan teman yang sudah meninggal.

Itulah rute ziarah 3 makam wali songo di Jawa Tengah dari rute Jakarta. Untuk lebih jelasnya anda bisa lihat google maps untuk rute detailnya.(*)

0 Komentar