Rekomendasi 5 Wisata Ziarah Religi Makam Ulama Mulia dan Raja yang Ada di Cirebon

Rekomendasi 5 Wisata Ziarah Religi Makam Ulama Mulia dan Raja yang Ada di Cirebon
Sunan Gunung Jati adalah seorang penyebar agama islam di tanah Cirebon sekaligus Raja Cirebon. Foto : Pinterest RAKCER. ID
0 Komentar

3. Mbah Kuwusangkan

Wisata ziarah religi di Cirebon selanjutnya ada makam Mbah Kuwusangkan, Beliau merupakan anak dari Prabu siliwangi IX dan saudara dari raden kian Santang yang kemudian beliau keluar dari istana untuk belajar memperdalam agama Islam.

Beliau juga adalah pendiri Cirebon dan membangun Cirebon dari sisi ekonomi, kebudayaan dan pendidikan, hingga kehidupan beragama terutama agama Islam nama lain beliau adalah Pangeran Cakrabuana dan nama beliau sering dipakai pada nama jalan yang ada di Cirebon.

Makam beliau terletak Jl lemah Cimandung, kacamatan Talun, Kabupaten Cirebon dan makam beliau sering di ziarahi oleh wisatawan lokal maupun luar kota terutama menjelang ramadhan dan pada malam jumat keliwon.

4. Syekh magelung

Baca Juga:8 Makanan Khas Mesir yang Membuat Kamu Ketagihan8 Makanan Khas Turki yang Bikin Kamu Ngiler dan Ingin Mencobanya

Wisata ziarah religi di Cirebon selanjutnya ada makam syekh magelung sakti, beliau sendiri adalah seorang dari murid sunan gunung jati, namun nama beliau ini jarang disebutkan dalam cerita rakyat maupun babad sebagai seorang penyebar islam di tanah jawa.

Syekh magelung sakti di perintahkan langsung oleh gurunya yaitu Sunan Gunung Jati untuk menyebarkan islam di daerah Cirebon Utara, nama asli beliau adalah Syarif Syam karena beliau ini berasal dari Negari Syam.

Beliau juga mempunyai penampilan khusus yaitu Syekh Magelung Sakti ini kerap menggulung rambutnya yang panjang.

Makam Syekh Magelung Sakti ini terletak di Karang Kendal, Kacamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon, makam beliau sangat ramai di kunjungi ketika malam jumat keliwon.

5. Buyut Trusmi

Wisata Ziarah religi yang ada di Cirebon berikutnya ada makam Buyut trusmi, beliau adalah putra kerajaan yang kemudian berguru kepada sunan gunung jati dan datang ke desa trusmi untuk memperbaiki tatanan hidup dan sekalian untuk menyebarkan agama islam.

Makam beliau berada di kampong dalem, kelurahan Trusmi, kabupaten Cirebon makam beliau setiap harinya ramai di kunjungi oleh peziarah dan setiap tahunya akan digelar tradisi memayu yaitu pergantian atap yang menutupi makam beliau.

Nah itulah 5 Wisata Ziarah religi yang berada di Cirebon, masih banyak lagi makam para raja dan ulama yang ada di Cirebon namun kami merangkum nya hanya 5 saja semoga menjadi referensi wisata ziarah kamu.(*)

0 Komentar