Burung Beracun Bernama Hooded Pitohui Tidak Direkomendasikan Untuk Dipelihara, Inilah 5 Fakta Tentang Jenis Burung Beracun Bernama Hooded Pitohui

Burung Beracun Bernama Hooded Pitohui Tidak Direkomendasikan Untuk Dipelihara, Inilah 5 Fakta Tentang Jenis Burung Beracun Bernama Hooded Pitohui
Burung Hooded Pitohui satu-satunya burung beracun FOTO:Pinterest/RAKCER.ID
0 Komentar

CIREBON, RAKCER.ID – Burung kecil yang dikenal dengan nama Hooded Pitohui ini merupakan burung unik dari Papua Nugini. Burung beracun pertama dan satu-satunya di dunia telah diidentifikasi oleh para ilmuan.

Pada umumnya burung merupakan sebuah hewan yang untuk dipelihara, akan tetapi jenis burung Pitohui ini tidak direkomendasi untuk dipelihara karena racunnya yang menempel diseluruh tubuh burung tersebut.

Pada tahun 1990, ahli burung Jack Dumbacher berada di pulau pasifik untuk mencari burung Cendrawasih. Sebelumnya pada orang-orang malanesia di Papua Nugini telah lama dikenal untuk menjauhkan tangan mereka dari Burung Hooded Pitohui agar terhindar dari racun burung tersebut.

Baca Juga:Hasil Pertandingan Grup F AC Milan vs Newcastle United : Keduanya Harus Puas Berbagi 1 Poin Setelah Hasil Imbang yang Diraih Pada Liga Champions Eropa 2023/2024Barcelona Hajar Tim Tamu Asal Belgia Dengan Skor 5-0 di Liga Champions Eropa 2023/2024 : Barcelona vs Antwerp

Pada saat itu Jack Dumbacher memasang jaring kabut halus diantara pohon-pohon tinggi di sekitar untuk menangkap burung Cendrawasih dan menangkap beberapa burung diantaranya yaitu burung Hooded Pitohui.

Ketika dia mencoba untuk mengeluarkan makhluk bersayap dari perangkapnya, burung itu mencakar dan menggigit jarinya dan secara naluriah Jack Dumbacher meletakkan tangannya ke mulut untuk meringankan siksaan rasa sakitnya.

Hampir seketika, Dumbacher merasakan bibir dan lidahnya mati rasa. Mencurigai bahwa efek samping tersebut disebabkan oleh makhluk berbulu tersebut, ia mengambil bulu pitohui dan memasukkannya ke dalam mulutnya sekali lagi.

Dia merasakan mati rasa dan siksaan sekali lagi. Dia secara tidak sadar telah menemukan dunia awalnya berisi makhluk berbulu yang berbahaya. Apa saja fakta menarik yang dimiliki burung tersebut?

Simak Ulasan Berikut ini Mengenai Fakta Menarik Burung Hooded Pitohui.
1. Habitatnya Hanya Ada di Tanah Papua
Hanya di tanah Papua saja burung beracun Pitohui ini berada. Burung ini banyak ditemukan di hutan Papua, dekat sungai.

Alih-alih memakan buah, burung ini justru memakan serangga yang ada di dedaunan dan batang pohon. Kumbang Choresine, yang sering ditemukan pada daun pohon, merupakan jenis makanan serangga yang paling disukai burung ini.
2. Dijuluki Burung Sampah
Burung sampah merupakan nama lain dari burung Hooded Pitohui. Julukan ini diberikan kepada burung karena baunya. Bulu sayap, kepala, dan ekor pitohui berkerudung berwarna hitam, sedangkan bulu punggung dan perut berwarna oranye.

0 Komentar